Baru Belajar Masak? Kenali 8 Alat Masak yang Wajib Kamu Miliki ini!

Furniterus - Saat akan belajar masak, tentu saja hal pertama yang harus dipersiapkan adalah alat masak. Tetapi, kalau kamu sebelumnya tidak familiar dengan dunia perdapuran, memilih alat masak pertama bisa menjadi sesuatu yang membutuhkan pemikiran keras. Bagi beberapa orang, proses ini bahkan cukup menakutkan. Takut memilih material yang salah, takut membeli yang terlalu mahal, takut ada alat masak yang terlupakan padahal peting, dan takut-takut yang lainnya.

Sumber: hqwalls.org

Oleh karena itu, di artikel kali ini kami ingin memberi rekomendasi alat masak mana saja yang perlu dibeli untuk “batch pertama”. Salah satu hal paling penting bagi pemula adalah untuk memilih alat masak dalam bentuk set yang berkualitas. Selain biasanya lebih murah dibandingkan membeli satuan, alat masak berkualitas bisa menjadi investasimu selama beberapa tahun ke depan.

Lalu, alat masak apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Set pisau

Sumber: houseplancolor.us

Apabila kamu belum memiliki alat masak sama sekali, membeli satu set pisau sekaligus adalah keputusan yang praktis. Akan tetapi, sebelum membeli set pisau, pastikan bahwa set yang kamu pilih memiliki pisau-pisau dasar yang akan kamu butuhkan. Beberapa pisau yang biasanya akan sering digunakan adalah pisau berukuran kecil untuk mengupas buah atau sayuran, pisau santoku, pisau koki, serta pisau bergerigi untuk roti.

Saat ini, ukuran, material dan warna pisau sudah bermacam-macam. Akan lebih mudah untukmu menyesuaikan alat masak yang satu ini dengan desain dapurmu.

2. Talenan

Sumber: pinterest.com

Melengkapi set pisau, talenan menjadi alat masak wajib bagi kamu yang baru belajar masak. Membedakan talenan untuk sayuran dan daging (khususnya ayam) sangat disarankan untuk menjaga makanan tetap segar dan tidak terkontaminasi.

Material terbaik untuk talenan adalah kayu dengan ketebalan sekitar 2,5 cm. Tetapi jika kamu tidak tertarik dengan talenan kayu, talenan bambu yang tebalnya sekitar 2 cm bisa menjadi alternatif.

Meskipun talenan plastik dan kaca lebih mudah dicuci dan harganya cenderung lebih terjangkau dibandingkan talenan kayu dan bambu, tetapi penggunaan alat masak ini tidak begitu disarankan. Talenan dengan kedua material ini dapat merusak pisau dan berbahaya karena permukaannya licin.

3. Set panci dan teflon

Sumber: kitchenrave.com

Alat masak seperti panci dan teflon akan lebih praktis apabila dibeli satu set sekaligus. Selain karena tidak perlu repot mengira-ngira yang akan sering digunakan, kamu juga jadi punya alat masak dengan kualitas yang sama dan warna yang senada (ya, jangan lupakan estetika!).

Ada 3 pilihan: stainless steel, cast iron, dan non-stick. Set panci dan teflon pertamamu sebaiknya dari stainless steel. Noda tidak mudah menempel, permukaannya pun tidak mudah mengelupas seperti pada non-stick. Sedangkan cast iron, permukaannya cukup sulit dibersihkan dan akan merepotkan first-timer.

Set alat masak stainless steel ini memang terbilang cukup mahal, tetapi dapat menjadi investasi yang menjanjikan, lho. Set dengan material berkualitas tinggi dan dirawat dengan teratur dapat bertahan bahkan hingga 20 tahun.

4. Loyang pemanggang

Sumber: escali.com

Seperti panci dan teflon, memiliki loyang pemanggang dengan beberapa bentuk dan ukuran sekaligus bisa menjadi investasi di masa depan. Tapi bedanya, mungkin tidak semua loyang yang akan kamu butuhkan bisa ditemukan dalam satu set. Set loyang pemanggang untuk pasta dan kaserol biasanya terbuat dari kaca atau keramik. Sedangkan untuk cake, cookies dan roti, material loyang pemanggang yang disarankan adalah metal atau stainless steel.

Kalau belum mau membeli kedua jenis set ini, membeli satuan juga tidak akan merugikan, kok. Kamu bisa menentukan loyang-loyang pertama yang dibeli dengan memperkirakan resep apa saja yang ingin kamu coba dalam waktu dekat ini.

5. Set sendok masak

Sumber: myshopify.com

Sendok masak dari plastik lebih disarankan untuk yang beru belajar masak dibandingkan metal dan kayu. Material ini lebih lembut untuk permukaan alat masak yang lain, dan lebih mudah dibersihkan.

Harga sendok masak plastik juga cenderung lebih terjangkau dibandingkan dua yang lain. Alat masak yang satu ini juga tersedia dalam bentuk satu setnya. Satu set biasanya terdiri dari penjepit serta beberapa tipe spatula, sendok sayur dan sendok besar.

6. Sendok takar

Sumber: alexnld.com

Ya, bagi yang baru belajar masak, sendok takar adalah salah satu alat masak yang wajib dimiliki. Meskipun banyak orang, khususnya koki rumahan, yang menakar bumbu masakan menggunakan intuisi, bukan berarti sendok takar jadi tidak berguna. Tujuan memiliki alat masak ini adalah apabila rasa masakanmu sesuai selera, kamu tinggal mengulang resep. Sebaliknya, apabila rasanya kurang pas, kamu tinggal menyesuaikan dengan benchmark awal.

Yang terpenting dalam memilih sendok takar adalah memastikan bahwa alat masak yang satu ini cukup panjang untuk muat ke dalam tempat bumbu kecil. Tapi di sisi lain, sendok takar juga harus kokoh dan tidak boleh gampang bengkok.

7. Pengupas kulit buah dan sayur (peeler)

Sumber: williams-sonoma.com

Pisau kecil memang dapat berfungsi sebagai pengupas kulit buah dan sayur sekaligus. Tetapi, perlu kehati-hatian ekstra saat menggunakannya. Tidak jarang daging buah dan sayur pun ikut terbuang apabila dikupas dengan pisau biasa.

Lain halnya dengan alat masak yang khusus untuk mengupas kulit buah dan sayur ini, atau disebut juga peeler. Peeler yang sudah didesain khusus untuk fungsi tersebut sangat mudah dipegang dan dapat meminimalisasi daging buah dan sayur ikut terbuang. Tidak hanya itu, waktu yang dihabiskan untuk mengupas juga jadi lebih cepat menggunakan alat masak ini.

8. Saringan

Sumber: someecards.com

Alat masak yang esensial tapi seringkali dilupakan saat belanja, dan baru ingat saat sedang dibutuhkan. Bagi yang baru belajar masak, saringan perlu menjadi salah satu barang utama untuk dibeli. Mulai dari memasak mie dan pasta, membuat kaldu, hingga merebus sayuran, saringan dibutuhkan untuk membantumu meniriskan masakan.

Diameter standar saringan di pasaran adalah 15 cm. Namun, saat hendak membeli, ingat lagi ukuran pancimu dan untuk apa saja saringan ini akan kamu gunakan. Jangan sampai terlanjur membeli saringan yang terlalu kecil hingga tidak cukup menampung masakanmu, atau terlalu besar sampai tidak bisa masuk ke dalam panci.

Artikel Lainnya: Yuk, Masak lebih Praktis dengan 8 Perabot Dapur Serbaguna ini!

Menurutmu, ada lagi tidak, alat masak yang wajib dimiliki oleh yang baru belajar masak? Yuk, share di bagian komentar untuk menambah informasi pemula lainnya.

Selain artikel ini, kami juga punya beragam informasi serta tips dan trik lainnya untuk kamu yang sednag mencari inspirasi soal dapur dan apartemen. Tertarik? Langsung cek blog Furniterus, ya!

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Ingin Menghemat Budget? Ini 7 Tips Sebelum Membeli Furniture Bekas

Ingin Sewa Apartemen? Simak Dulu Tipsnya!

8 Gambar Wallpaper Kekinian yang Cocok untuk Ruangan Sempit

Desain Interior Kamar Tidur Apartemen Bergaya Minimalis

Apartemen 2 Kamar Ingin Terasa Nyaman? Simak Caranya!

Mengenal 7 Jenis Kompor Gas Sesuai Kebutuhanmu

Mau Tinggal Nyaman di Apartemen? Simak 6 Rahasianya

Fakta Menarik Tentang Desain Modern Furniture Indonesia

7 Desain Lantai Rumah untuk Kamu yang Stylish

Desain Pagar Minimalis Kekinian yang Simpel dan Elegan

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !