Akali Keterbatasan Ruang dengan 6 Ide Pembatas Ruangan

Bingung membagi ruangan di rumah mungil? Sebetulnya ada banyak siasat yang bisa kamu aplikasikan untuk membagi ruangan agar rumah tidak terlihat sempit. Dibandingkan menggunakan dinding pemisah, kamu bisa menggunakan penyekat ruangan yang lebih fungsional dan efisien. Selain berguna untuk membagi dan menciptakan area baru, pembatas ruangan juga akan memudahkan akses perpindahan ruang. Ruangan pun akan terasa lebih luas karena tidak ada dinding solid yang memisahkannya. Kamu pun akan mendapatkan kesan open plan dengan penyekat ruangan dekoratif. Sebelum memilih, simak dulu yuk beberapa inspirasi pembatas ruangan berikut.

1. Sekat ruangan lipat

Sekat lipat (Sumber: organized-home.com)

Ingin mengubah fungsi ruang kapan pun kamu inginkan? Kamu bisa menggunakan penyekat ruangan dari kayu yang bisa dilipat. Model dari sekat ruangan lipat juga sangat beragam lho, sehingga kamu bisa menyesuaikan modelnya dengan tema interior ruangan. Untuk tema ruangan yang tradisional misalnya, kamu bisa menggunakan penyekat ruangan berbahan rotan dengan warna cokelat yang alami, atau kamu bisa juga menggunakan sekat ruangan dari kayu dekoratif untuk tampilan ruangan yang lebih natural. Dengan memilih penyekat ruangan model temporer seperti ini, kamu bisa dengan mudah melipat dan menyimpan sekat ini saat sedang tidak diperlukan.

2. Sekat ruangan roster dekoratif

Sekat roster (Sumber: pinterest.com)

Roster tak selalu digunakan hanya sebagai pelindung bangunan yang ditempatkan di luar rumah. Material roster sangat beragam dan tak terbatas pada semen atau beton. Kamu juga bisa mulai mengeksplorasi desain roster yang lebih kreatif untuk dijadikan penyekat ruangan elegan. Dinding roster yang bolong-bolong pun akan membuat ruangan terkesan lebih terbuka, sehingga cahaya bisa masuk secara lebih maksimal di kedua ruangan yang dibatasi oleh roster.

3. Sekat ruangan perpustakaan mini

Sekat perpustakaan mini (Sumber: pinterest.com)

Suka baca? Punya banyak koleksi buku? Pamerkan aja koleksi buku milikmu sebagai pembatas ruangan dekoratif. Membuat perpustakaan mini yang dapat dijadikan sebagai penyekat ruangan pun akan memberikan fungsi lain pada rak yang kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan rak buku yang tidak terlalu tinggi atau juga rak buku tinggi yang mencapai langit-langit ruangan. Tak hanya digunakan sebagai rak buku, koleksi dan hiasan lain yang kamu letakkan pada rak juga bisa menjadi dekorasi bagi keseluruhan ruangan.

4. Sekat ruangan tirai atau kain

Sekat kain atau tirai (Sumber: homedit.com)

Nah buat kamu yang ingin membuat sekat ruangan temporer sesuai kebutuhan, kamu bisa menggunakan penyekat ruangan kain atau tirai. Sekat yang satu ini sangat mudah digunakan dan juga dibersihkan. Kamu pun bisa dengan mudah memasang atau mencopot tirai saat sedang tidak digunakan. Kamu bisa memanfaatkan tirai untuk menciptakan ruang tertutup agar lebih privat dalam satu ruangan yang sama. Tirai paling banyak digunakan sebagai sekat ruangan di kamar tidur atau apartemen tipe studio untuk membatasi area tempat tidur dengan area penyimpanan atau kamar mandi.

5. Sekat ruangan rak tanaman

Sekat tanaman (Sumber: funkyyukka.co.uk)

Saat ini sudah semakin banyak rumah yang mengusung konsep go green dengan menambahkan tanaman atau bunga hias di dalam rumah. Bagi kamu yang mempunyai keterbatasan ruang dan tidak tahu harus membuat taman mini di mana, kamu bisa nih menjadikan tanaman sebagai sekat ruangan. Selain memberikan batas yang jelas antar kedua ruangan, tanaman hijau juga akan membuat suasana rumah terasa lebih asri, hangat dan segar. Bebauan yang dihasilkan oleh tanaman dan bunga segar juga bisa membuat ruangan sekitarnya semakin nyaman.

6. Sekat ruangan potongan kayu

Sekat kayu (Sumber: pinterest.com)

Untuk pilihan sekat ruangan yang timeless, penyekat ruangan model minimalis dari potongan kayu ini tidak akan pernah ketinggalan zaman dan selalu cocok digunakan pada desain apapun. Material sekat ruangan dari kayu ini pun tergolong mudah didapatkan dengan harga yang relatif murah. Kamu pun bisa memasangnya sendiri di rumah lho. Cukup memasang batang kayu secara horizontal, kamu sudah mendapatkan sekat ruangan manis.

Pembatas ruangan dekoratif bisa menjadi solusi untuk kamu yang memiliki luas rumah terbatas tetapi membutuhkan privasi yang lebih untuk memisahkan fungsi ruang. Inspirasi sekat ruangan tadi juga bisa menjadi dekorasi yang membuat tampilan rumah terlihat lebih menarik.

Artikel Lainnya

Dekorasi Ruang Tamu yang Nyaman untuk Apartemenmu

Cara Menciptakan Desain Ruang Keluarga Penuh Kehangatan

Material Kitchen Set Multiplek, Bahan Andalan yang Kuat dan Tahan Air

7 Cara Mudah Merapikan Lemari Pakaian agar Enak Dilihat

Model Kitchen Set Minimalis untuk Tampilan Dapur yang Baru

9 Tren Desain Interior Rumah 2018

7 Desain Lantai Rumah untuk Kamu yang Stylish

Desain Rumah 2 Lantai dengan Konsep Interlocking Space

Desain Kursi Tamu Menawan yang Bikin Hati Tamu Tertawan

Cara Memelihara Kasur Agar Terbebas dari Tungau

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !