Sulap Ruangan Jadi Lebih Luas dengan 8 Warna Cat Ruang Tamu Ini

Sebagai ruangan terpenting sekaligus terdepan dalam hunian, penataan ruang tamu memang harus diperhatikan dengan sebaik-baiknya. Namun sayangnya, menata ruang tamu kerap terhambat oleh luas ruangan yang terbatas. Hal ini sebenarnya bisa kamu siasati dengan mengubah warna cat ruang tamu agar ruangan bisa terlihat lebih luas. Warna-warna cerah dapat memberikan kesan lapang karena mampu memancarkan cahaya. Sebaliknya, hindari penggunaan warna gelap karena dapat menyerap cahaya. So, kira-kira apa rekomendasi warna cat ruang tamu agar terasa nyaman bagi penghuni? Yuk, kita lihat.

1. Serba putih

Sumber: countryliving.com

Warna putih merupakan warna yang paling natural dan banyak digunakan orang sebagai cat ruang tamu, atau bahkan keseluruhan dinding rumah. Warna putih yang identik dengan kesan bersih dan natural mampu memberikan kesan lapang, bersih dan terang. Warna putih pada tembok ruang tamu juga cocok dipadukan dengan furniture apa pun. Itulah mengapa warna putih sering diaplikasikan sebagai cat ruang tamu.

2. Warna pastel

Sumber: architectureartdesigns.com

Saat ini, warna pastel telah menjadi tren baru yang sangat disukai dan banyak digunakan sebagai cat rumah. Ada banyak cat warna pastel yang dijual di pasaran yang bisa kamu sesuaikan dengan selera seperti krem, kuning pastel, hijau pastel, biru pastel, dan sebagainya. Selain indah dilihat, penerapan warna pastel sebagai cat ruang tamu akan membuat ruangan yang sempit terlihat lebih cerah dan lapang. Agar lebih maksimal, berikan akses pencahayaan alami yang maksimal dengan menggunakan model jendela berukuran besar sehingga ruangan terasa lebih luas.

3. Biru navy

Sumber: houzz.com

Warna ini adalah warna biru laut gelap yang bisa memberikan aksen tersendiri pada ruangan sempit. Namun agar ruangan tidak terlihat suram karena warnanya yang gelap, kamu bisa memadukannya dengan warna putih atau kuning yang lebih cerah. Warna biru navy pun dipercaya sebagai pilihan warna cat yang mampu memberikan kesejukan dan juga kesegaran pada ruangan.

4. Olive

Pilihan warna cat lainnya yang bisa kamu gunakan di ruang tamu sempit adalah captivated olive atau olive. Warna lembut ini merupakan warna hijau yang membumi dengan sedikit semburat tone kecokelatan. Warna-warna bumi atau earth tone sendiri memang saat ini semakin banyak digemari oleh banyak orang lho.

Sumber: pinterest.com

Kamu bisa memadukan warna cat olive ini dengan perabotan sofa atau meja kayu yang ditambah dengan dekorasi ruangan natural seperti tanaman-tanaman hias berdaun kecil. Penambahan detail berwarna putih dengan cat berwarna olive akan memberikan efek kontras dan berfungsi untuk memberikan dimensi ruang. Indah ya?

5. Hijau toska

Sumber: annesdeal.info

Penggunaan warna hijau toska atau turquoise sebagai aksen pada cat ruang tamu yang dikombinasikan dengan warna putih akan menciptakan kehangatan sekaligus kenyamanan pada ruangan. Penggunaan aksen cat ini dapat kamu ciptakan dengan teknik perpaduan warna dinding lewat pewarnaan satu atau dua dinding dengan warna yang berbeda dan lebih menonjol dibandingkan warna lainnya. Tujuan penggunaan aksen cat ini adalah untuk menciptakan ilusi luas pada ruang tamu.

Artikel Lainnya: Buat Kamar Lebih Berwarna dengan 6 Dekorasi Dinding Kamar Unik

6. Kuning terang

Sumber: allthingselegant.tumblr.com

Ruangan yang gelap biasanya akan menyerap cahaya yang datang dari luar. Nah keadaan yang gelap ini akan membuat ruangan kecil malah makin terasa sempit. Untuk itu, kamu bisa mencoba untuk menyiasatinya dengan cara mengaplikasikan warna kuning cerah pada ruang tamu. Warna terang dari kuning akan memantulkan cahaya sehingga memberikan ilusi ruangan yang lebih luas.

7. Abu-abu

Sumber: architecturaldigest.com

Mau menciptakan kesan klasik atau modern di ruang tamu? Pilih aja warna cat abu-abu yang bisa memberikan kesan klasik yang kekinian pada ruangan. Untuk melengkapi ruangan, tambahkan aksesoris dan hiasan berwarna cerah.

8. Monokrom hitam putih

Sumber: home-designing.com

Cat warna hitam memang cukup jarang digunakan untuk mendekorasi ruangan rumah. Namun, dengan menggabungkan warna putih atau abu-abu bersama warna hitam akan menghasilkan kesan modern untuk ruang tamu minimalis.

Itulah tadi beberapa rekomendasi warna cat ruang tamu yang bisa kamu jadikan solusi bagi masalah luas ruang tamu yang terbatas. Kira-kira akan mengaplikasikan warna apa nih untuk memberikan nuansa baru pada ruang tamu?

Artikel Lainnya: 7 Tips Desain Ruang Tamu Mewah Tanpa Menguras Budget