8 Desain Kabinet Bawah Tangga untuk Pemanfaatan Ruang yang Efisien

Memiliki rumah yang serba kecil dan sempit membuat kamu harus ekstra cerdas untuk memaksimalkan ruang yang ada. Nah agar rumah mungil tidak terasa sempit, kamu bisa lho memanfaatkan area di bawah tangga untuk menyimpan berbagai barang menggunakan kabinet. Yuk, terapkan tips menerapkan kabinet bawah tangga berikut ini untuk memaksimalkan ruang agar terlihat lebih rapi.

1. Rak sepatu atau baju

Membuat area di bawah tangga untuk dijadikan rak adalah solusi paling sering digunakan karena kabinet ini bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam hal. Misalnya seperti rak sepatu atau lemari baju tambahan di rumahmu. Lebar tangga pada umumnya berukuran 90-100 cm. Ukuran atau kedalaman kabinet di bawah tangga ini tidak harus selalu mengikuti lebar tangga yang kamu miliki. Lebar kabinet bisa hanya setengahnya, misalnya 45-50 cm. Buat ukuran sesuai dengan kebutuhan ruang penyimpanan kamu.

Sumber: pinterest.com

Semakin dalam lemari yang kamu miliki, maka akan semakin sulit juga untuk kamu meraih barang di bagian dalamnya. Jika kamu memiliki kabinet ini sebagai rak sepatu, maka kamu bisa menambahkan laci-laci kecil agar mudah untuk mengambil barang.

2. Rak pajangan

Sumber: pinterest.com

Kamu punya banyak koleksi pajangan? Area di bawah tangga ini bisa kamu optimalkan sebagai rak pajangan untuk menyimpan berbagai koleksimu. Jika area bawah tangga kamu cukup luas, maka kamu juga bisa memanfaatkan area ini untuk dijadikan sebagai tempat TV kabinet.

3. Kabinet kitchen set minimalis

Sumber: pinterest.com

Kamu juga bisa lho memanfaatkan area di bawah tangga untuk membuat kabinet atau kitchen set minimalis. Kamu bisa menempatkan aneka peralatan masak dan menyimpan bahan makanan pada berbagai sudut dapur mungil di bawah tangga ini. Walaupun kabinet kitchen set ini terletak di bawah tangga, dapur tetap bisa terlihat rapi dan memuat banyak perangkat seperti kompor hingga rak cuci piring.

4. Rak terbuka untuk menyimpan buku

Sumber: home-designing.com

Jangan selalu beranggapan bahwa area di bawah tangga hanya cocok untuk menyembunyikan berbagai peralatan yang kurang indah seperti pembersih ruangan atau tas belanja. Kamu juga bisa membuat kabinet atau rak terbuka yang terlihat cantik. Dengan rak semacam ini, kamu bisa meletakkan koleksi buku dan juga menambahkan beberapa hiasan untuk memperindah tampilan bawah tangga.

5. Rak penyimpan piring

Sumber: makesimpledesign.com

Tak punya ruang yang cukup untuk meletakkan rak piring di dekat dapur? Nggak usah khawatir, kamu bisa memanfaatkan area di bawah tangga untuk menyimpan seluruh koleksi piring yang kamu punya. Desain yang satu ini sangat cocok jika tangga, ruang makan, dan dapur terletak cukup berdekatan. Sistem kabinet bisa kamu buat menggunakan laci dengan posisi yang sejalur dengan arah tarik laci. Desain ini memudahkan kamu dalam mencari piring yang kamu butuhkan.

Artikel Lainnya: 5 Tips Mempercantik Dinding dengan Dekorasi Piring Hias

6. Kabinet untuk menyimpan wine

Sumber: houzz.com

Desain kabinet yang satu ini bisa menjadi inspirasi bagi para pencinta wine. Sesuai dengan teori penyimpanan botol anggur, pastikan botol wine koleksi kamu diletakkan secara horizontal atau setidaknya miring dan bukan tegak, sehingga tutup botol wine selalu basah. Tutup botol yang basah ini bertujuan untuk mencegah masuknya udara melalui pori-pori ditutup botol. Jika kamu berencana untuk mengoleksi berbagai jenis wine dalam waktu panjang, sebaiknya kamu menggunakan wine cellar untuk menjaga kualitas serta suhu wine tersebut.

7. Laundry area

Sumber: idealhome.co.uk

Biasanya orang menggunakan area bawah tangga sebagai lemari gudang atau tempat penyimpanan barang-barang kebersihan seperti vacuum cleaner, sapu dan pel. Namun ternyata, area ini juga bisa lho dipakai sebagai laundry area, terutama bagi kamu yang memiliki mesin cuci tipe front loading. Buat ruang kabinet yang sesuai dengan ukuran mesin cuci yang kamu punya.

8. Hidden room

Sumber: idealhome.co.uk

Hidden room di bawah tangga bisa menjadi tempat untuk berbagai barang. Desain kabinet yang satu ini terlihat lebih menyatu dengan interior rumah. Pintu lemari bisa didesain secara kamuflase sehingga tidak terlihat seperti lemari. Kamu bisa meletakkan pakaian atau jaket yang sering kamu pakai di dalamnya agar kamu lebih mudah untuk menggunakannya saat akan keluar rumah.

Mudah ‘kan? Area bawah tangga juga bisa terlihat indah dan kece dengan desain kabinet bawah tangga yang kekinian. Yuk, dicoba!

Artikel Lainnya: 7 Ide Rak Dapur Minimalis untuk Dapur Kecil