8 Alasan Dapur Minimalis Disukai Kalangan Muda

Furniterus - Tanpa disadari, dapur merupakan salah satu ruangan dengan jumlah benda yang sangat banyak. Apalagi di zaman serba modern ini, alat masak dibuat dengan berbagai fungsi agar aktivitas di dapur menjadi jauh lebih mudah.

Hal ini berpengaruh pada konsumen, yaitu timbulnya budaya konsumtif karena terbiasa membeli banyak barang untuk memenuhi berbagai kebutuhan dapur. Coba kamu hitung, berapa banyak panci dan pisau yang kamu simpan di dapur? Apakah seperti banyak nya aksesoris di gambar bawah ini? Apakah semuanya benar-benar kamu gunakan?

Sumber: philadesigns.com

Guna menyiasati masalah ini, tentu ada solusinya. Apa kamu pernah mendengar istilah dapur minimalis sebelumnya? Sesuai namanya, dapur minimalis adalah dapur yang didekor dengan gaya minimalis. Dapur ini mengusung tatanan dan identitas minimalis pada umumnya, yaitu sederhana dan praktis.

Dapur minimalis merupakan konsep yang menyatukan antara kesederhanaan dan estetika. Hasilnya, dekorasi hunian luwes, tidak berlebihan, namun fungsional. Akan tetapi, banyak yang menyalahartikan bahwa dapur minimalis hanya berfokus pada penampilan fisik semata. Nyatanya, dapur ini sangat mementingkan penggunaan alat seefektif mungkin agar ruang gerak tetap lapang. Walau minim barang, kegiatan masak dan menyantap hidangan tetap tidak mengalami distraksi.

Sumber: dobrzemieszkaj.com

Dapur minimalis memiliki pangsa pasar cukup besar, dan kalangan muda adalah salah satunya. Ternyata, dapur tipe ini memang punya segudang manfaat. Agar lebih paham, baca ulasan berikut ini, yuk!

1. Fungsional

Sumber: pinterest.com

Dikarenakan keterbatasan ruang, dapur minimalis tidak bisa diisi dengan banyak barang. Oleh karenanya, peralatan dapur yang fungsional sangat direkomendasikan. Peralatan yang dipilih haruslah berfungsi secara efektif, bisa berperan ganda, dan memenuhi kebutuhan penghuninya.

2. Hemat

Dengan mengusung konsep minimalis, kamu tidak perlu mengeluarkan kocek yang besar untuk membeli perangkat dapur secara berlebihan. Selain itu, peralatan dapurmu yang fungsional pun akan sangat memangkas waktu. Hal ini disebabkan karena aktivitas memasak jadi jauh lebih praktis dengan perkakas serbaguna.

https://furniterus.com/wp-content/uploads/2018/05/Artikel15_Picture4a-400×600.jpeg

Sumber: annadelbuildersinc.com

Ketika kamu meletakkan berbagai peralatan dapur yang tidak terpakai di meja, maka dapurmu akan terkesan sumpek dan penuh. Maka dari itu, kamu membutuhkan satu penyimpanan khusus untuk ini agar lebih terorganisir. Konsep yang diusung dapur minimalis akan memberikanmu spot yang dapat dijadikan tempat penyimpanan peralatan dan bahan-bahan dapur lainnya. Hemat anggaran, waktu, juga tempat.

3. Bebas Stres

Sumber: stayathomemum.com

Dapur minimalis dapat menghadirkan ketenangan bagi penghuninya. Tanpa tumpukan piring, gelas, dan berbagai peralatan dapurnya, kamu tentu tidak akan merasa stres, kan? Hal ini jelas akan berpengaruh baik, termasuk soal kesehatan, lho! Kamu pun jadi betah berlama-lama ada di dapur kesayanganmu, kan?

4. Mudah dibersihkan

Sumber: thriftyapplianceparts.com

Sama dengan namanya, konsep minimalis tidak membutuhkan banyak perawatan maksimal. Bahkan, dapur minimalis pun lebih mudah dibersihkan karena tidak memuat banyak tumpukan barang. Dengan demikian, dapur senantiasa terlihat apik.

5. Hadirkan kesan luas

Pada dasarnya, konsep penataan dapur minimalis adalah memberikan banyak ruang gerak semaksimal mungkin. Hal ini ditujukan agar si penghuni dapat memasak dan melakukan aktivitas dapur lainnya dengan leluasa.

Sumber: kitchenagenda.com

Rahasianya adalah penambahan beberapa lemari yang diletakkan di bagian atas maupun bawah. Fungsi dari lemari ini adalah sebagai penyimpanan berbagai peralatan dapur yang tercecer.

6. Alokasi ruangan lain bisa dimaksimalkan

Sumber: apartminty.com

Desain dapur minimalis tentu membuat hunian akan tampak lebih lapang. Ini disebabkan oleh sisa space yang dapat dialokasikan untuk ruangan lain. Sebagai contoh, kamu dapat membuat sebuah ruang santai dan ruang makan dekat dapur. Apabila kamu ingin menyantap kudapan saat menikmati waktu bersantai, kamu hanya perlu sedikit langkah untuk mencapai dapur.

Artikel Lainnya: 8 Inspirasi Dapur Cantik yang Hemat Ruang di Apartemenmu

.

7. Hadirkan Kesan Rapi dan Mewah

Dapur yang ditata pada ruangan simple akan terlihat rapi, bahkan menimbulkan kesan mewah tersendiri. Hal ini amat sangat bergantung pada desain interior. Kamu bisa memilih properti modern, namun tetap simple untuk mengisi interior dapur minimalismu.

8. Keuntungan Bagi yang Gemar Makan di Luar

Bagi yang kurang gemar berlama-lama di dapur dan lebih suka makan di luar, memiliki dapur minimalis akan menjadi poin plus. Pasalnya, dengan ruangan yang terbatas, dapur yang minimalis tidak akan banyak memakan area hunian. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan area yang tersisa untuk fungsi lainnya.

Nah, dari 7 keuntungan di atas, apakah kamu sudah mulai terinspirasi untuk menciptakan dapur minimalis milikmu sendiri? Ada beberapa kiat khususnya. Simak, yuk!

Kenali Gaya Memasakmu

Tipe dapur jenis ini merupakan dapur yang menyerupai sebuah kotak. Akan tetapi, pada sisi keempat diberian sisa sedikit space sebagai pintu masuk. Maka dari itu, desainnya mirip dengan huruf G.

Sumber: mssavedmylife.com

Ada yang tipenya hobi memasak bersama, betah berjam-jam, atau justru kurang suka menghabiskan banyak waktu di dapur. Nah, bagaimana denganmu? Kalau kamu suka bereksperimen di dapur, aturlah ekspektasi atas ruang dan benda-benda wajib ada ketika memasak di dapur. Nah, bagi yang tidak suka berlama-lama ada di dapur, kitchen set minimalis bisa jadi ide sempurna.

Kualitas Bukan Kuantitas

Ketimbang membeli seperangkat pisau dapur, ada baiknya kamu membeli sebilah pisau, namun yang benar-benar berkualitas dan fungsional. Jadi, pisau ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Aturan ini juga berlaku untuk alat-alat dapur lainnya. Jadikan fungsi sebagai prioritas dalam membeli barang.

Susun Sesuai Kebutuhan

Sumber: hypee.com

Aturlah tata letak peralatan dapur sesuai kebutuhanmu. Setiap benda harus memiliki rak atau tempat tertentu dan jangan sampai dibiarkan terpampang di luar. Untuk peralatan yang sering digunakan, ada baiknya kamu meletakkan di bagian bawah, atau yang mudah dijangkau. Dengan demikian, kegiatan masak pun jadi lebih efektif. Sedangkan, untuk peralatan yang agak jarang digunakan, kamu bisa menyimpan di rak yang paling tinggi.

Rajin Bebersih

Walau minimalis, dapur harus rajin dibersihkan, lho. Biasakan untuk langsung membersihkan dapurmu seusai pemakaian. Jangan biarkan piring, gelas, panci, sendok dan yang lainnya menumpuk dan kotor. Jika dapurmu bersih, maka kamu bisa menggunakannya kapan pun.

Lihat Juga: Catalog  Kitchen Set dari Furniterus Yang Bisa Kamu Custom

Demikianlah ulasan mengenai serba-serbi dapur minimalis. Semoga seluruh yang diulas dalam artikel ini menambah pengetahuan dan inspirasimu dalam mewujudkan dapur minimalis idamanmu ya. Jangan lupa sampaikan pendapatmu di kolom komentar ya dan terus ikutin ya serunya artikel-artikel Furniterus yang terus update setiap harinya dengan konten-konten yang pastinya terus menarik juga. Tetap stay tuned ya!

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

5 Alasan Milenial Membeli Apartemen Dibandingkan Rumah

7 Tips Desain Ruang Tamu Mewah Tanpa Menguras Budget

Solid Surface Tak Kalah Menawan dari Granit dan Marmer

Tanaman Hidroponik Menyiasati Kebutuhan Taman di Lahan Sempit

6 Trik Karpet Ruang Tamu untuk Buat Ruangan Lebih Hangat

5 Ide Lemari Dapur Minimalis yang Praktis nan Unik

Akali Keterbatasan Ruang dengan 6 Ide Pembatas Ruangan

7 Model Plafon untuk Tiap Gaya Rumahmu

Interior Apartemen untuk Keluarga Muda yang Dinamis

Denah Rumah Minimalis yang Cocok untuk Kaum Urban

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !