7 Tips Merawat Furniture Berbahan Kayu agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Kamu punya furniture kayu di rumah? Material kayu memang masih menjadi salah satu material pilihan di tahun 2019 ini, seperti pada meja, kursi, rak, hingga meja makan. Bahkan, banyak yang menggunakan kayu-kayu khusus furniture yang bisa dibilang sangat mahal. Nah, perabotan yang terbuat dari kayu akan lebih rentan daripada material lainnya. Untuk itu, kamu perlu melakukan perawatan khusus terhadap furniture yang terbuat dari kayu agar tidak terkena jamur, dimakan rayap, atau bahkan lapuk. Dengan perlakuan yang tepat, material kayu dengan kualitas tinggi tetap akan bertahan lama. Yuk, simak tipsnya dengan cermat.

1. Tambahkan alas pada furniture untuk meminimalisir kerusakan

Sumber: containerstore.com

Walaupun kamu sudah sangat berhati-hati dalam memindahkan furniture kayu, terkadang cara penggunaan furniture itu sendiri yang secara perlahan dapat merusak tampilannya. Untuk meminimalisir risiko tergores atau terkena noda yang membuat warna kayu kusam dan permukaan kayu tidak mulus lagi, kamu bisa menutupi bagian atas dengan kain taplak atau table runner. Sedangkan untuk bagian kaki furniture, kamu bisa mengalasinya dengan karpet atau kain felt di tiap kakinya.

2. Pindahkan furniture dengan sangat hati-hati

Pastikan kamu selalu mengangkat furniture saat ingin memindahkannya. Angkat furniture pada bagian dudukan atau bagian kedua sisinya. Kebiasaan memindahkan meja atau kursi dengan cara menyeret atau menarik sandarannya dapat menggores dan mengikis kayu akibat bergesekan dengan lantai. Menarik salah satu kakinya saja juga berisiko merusak sambungan kursi. Jika sambungan furniture retak atau rusak, maka fungsi dan keamanannya juga akan berkurang.

Sumber: castle-keepers.com

3. Letakkan di tempat kering dan bersuhu normal

Material kayu harus berada pada suhu yang tepat dan ruangan yang kering. Paparan suhu panas secara terus menerus dapat membuat kayu menjadi kering dan menyusut sehingga menimbukan retakan pada lapisan kayu. Jauhkan furniture berbahan kayu dari peralatan yang memancarkan panas atau tempat yang langsung terpapar sinar matahari, terutama jika kamu tinggal di daerah dengan suhu tinggi. Selain itu, udara lembab juga dapat memancing berkembangbiaknya jamur atau serangga yang berbahaya bagi kayu.

4. Bersihkan furniture kayu dari air

Gelas minuman sering meninggalkan noda air berbentuk lingkaran pada permukaan meja berbahan kayu. Jika dibiarkan saja, noda ini akan tertinggal secara permanen dan merusak keindahan tekstur kayu alami. Cara menghilangkannya bisa dengan mengusapkan campuran pasta gigi dan baking soda atau campuran minyak goreng dan abu dengan kain lembut.

Hindari mencuci furniture kayu dengan air. Mengguyurkannya dengan air bisa merusak permukaan furniture. Sebaiknya siapkan air hangat dan spons untuk mencucinya. Kemudian, sedikit berikan sabun ke dalam air untuk membersihkannya. Akhiri dengan mengambil kain basah dengan permukaan yang lembut untuk mengelap permukaan furniture secara keseluruhan.

Artikel Lainnya: 5 Jenis Material Pembuat Furnitur Berbahan Dasar Kayu

https://furniterus.com/wp-content/uploads/2019/04/1400945948635-400×300.jpeg

Sumber: diynetwork.com

5. Bersihkan furniture kayu secara berkala

Bersihkan furniture kayu di hunianmu setidaknya sebulan sekali dengan menyemprotkan pledge atau cairan pelapis furniture secukupnya pada permukaan furniture kayu. Kemudian lap dengan kain dan biarkan hingga kering. Peralatan untuk membersihkan kayu ini biasanya bisa kamu dapatkan di toko material atau toko furniture. Jika perlu, kamu juga bisa melakukan finishing ulang pada furniture kayu setiap 2-3 tahun agar tidak terlihat kusam.

6. Rawat furniture kayu dengan mayonnaise

Gimana caranya merawat furniture kayu dengan mayonnaise? Mayonnaise tidak hanya bisa digunakan sebagai penyedap makanan tapi juga dapat dimanfaatkan untuk merawat furniture kayu. Seringkali, sangat sulit untuk menghilangkan bekas air yang menempel setelah meletakkan gelas dingin di atas furniture kayu. Coba manfaatkan mayonnaise untuk menghilangkan noda tersebut. Cukup letakkan mayonnaise di atas noda kemudian bersihkan dengan kain lembut.

Sumber: erygimg.pw

7. Gunakan kuas atau sikat gigi untuk membersihkan bagian yang sulit dijangkau

Sebenarnya, furniture kayu dapat dibersihkan dengan lap kain katun biasa saja. Namun seringkali, debu-debu, kotoran, atau jamur di furniture kayu tidak terangkat dengan baik karena terselip di antara celah. Gunakan kaus berukuran kecil dan halus atau sikat gigi untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit tersebut. Pakai sikat gigi untuk menyikat sudut sulit tadi dengan campuran sabun dan air. Setelahnya, kembali bersihkan permukaan furniture kayu dengan kain lembut.

Artikel Lainnya: Ingin Menghemat Budget? Ini 7 Tips Sebelum Membeli Furniture Bekas

Artikel Lainnya

9 Tren Desain Interior Rumah 2018

Sebelum Memasang, Ketahui Plus Minus Lantai Parket

Top Table Kitchen Set untuk Dapur Menawan yang Berkualitas

7 Trik Membuat Kamar Terlihat Luas dengan Karpet

Yuk, Masak lebih Praktis dengan 8 Perabot Dapur Serbaguna ini!

Tips Pemilihan Lighting Lampu Kamar agar Tidur Lebih Nyenyak

Milenial, Ini Waktu yang Tepat Beli Apartemen Impianmu

5 Cara Memilih Keramik Sesuai Kebutuhan dan Fungsi Ruangan

7 Tips Memilih Warna Gorden Sesuai dengan Selera Pengguna Apartemen

7 Tipe Dapur yang Wajib Kamu Tahu

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !