7 Tips Membuat Ruang Tamu Sederhana yang Mudah Diterapkan

Furniterus - Ingin membuat ruang tamu sederhana tapi tetap stylish dan menarik? Banyak orang tentunya ingin memiliki ruang tamu yang keren dan fungsional, namun sayangnya tidak tahu harus menatanya seperti apa. Pengaturan yang salah bisa-bisa membuat ruang tamu terlihat penuh, sumpek, dan terkesan berantakan. Walaupun sederhana, desain ruang tamu juga harus dipikirkan secara rinci, terutama bagi kamu yang sering menerima tamu di rumah. Aturan pertama dalam mendesain ruang tamu adalah pilih furniture yang sesuai dengan ruang dan jangan terlalu memaksa memasukkan seluruh barang ke dalamnya. Mau lihat inspirasi desain ruang tamu sederhana? Yuk, lihat!

1. Less is more

Semakin sedikit, semakin bagus (Sumber: homeboxy.info)

Gaya desain sederhana mengusung konsep less is more, yang berarti penggunaan furniture simpel dan fungsional lebih diutamakan dibandingkan kamu menggunakan terlalu banyak furniture yang tidak dibutuhkan. Jangan terlalu banyak menambahkan pernak-pernik di ruang tamu agar ruangan tetap terlihat lapang. Tambahkan sofa, coffee table, TV stand, dan beberapa kabinet atau tempat penyimpanan lainnya. Furniture yang minimalis ini akan menghindari ruang tamu terlihat sumpek dan penuh.

2. Furniture multifungsi

Furniture multifungsi (Sumber: koala.com)

Untuk memanfaatkan ruang, kamu bisa menggunakan furniture multifungsi yang berfungsi ganda. Misalnya, penggunaan sofa bed yang dapat digunakan sebagai sofa sekaligus tempat tidur saat ada tamu yang menginap. Selain menghemat tempat, sofa bed juga bisa menghemat pengeluaran karena umumnya harga sofa bed lebih murah dibandingkan set tempat tidur. Kamu juga bisa memakasimalkan ruang yang ada di bawah meja, atau sudut ruangan sebagai tempat tempat rak dinding. Gunakan setiap ruang yang ada dengan sebaik-baiknya.

3. Simpan barang yang tidak perlu

Simpan barang yang tidak perlu (Sumber: thespruce.com)

Punya banyak barang di ruang tamu? Sebaiknya mulailah untuk menyortir barang-barang yang kamu anggap tidak perlu atau sudah tidak digunakan. Pilih barang-barang yang memang masih berfungsi untuk ruang tamu atau memiliki visual yang menarik. Buang atau berikan barang-barang yang sudah tidak diperlukan agar tidak membuat ruang tamu semakin sempit. Ruangan yang rapi juga akan membuat siapa saja yang berkunjung lebih nyaman dan betah di ruang tamu.

4. Furniture dengan desain sederhana

Furniture dengan desain sederhana (Sumber: aarp.org)

Untuk memberikan tampilan yang sederhana pada ruang tamu, pilihlah furniture dengan potongan yang lebih ringan, seperti kursi berwarna gelap atau desain coffee table yang minimalis. Desain furniture yang sederhana akan membuat tampilan ruangan lebih dinamis dan tidak sumpek. Selain itu, furniture sederhana juga memiliki keunggulan dalam bentuk yang lebih aerodinamis dan memberikan nuansa lebih ringan pada ruangan.

5. Ruang tamu open plan

Open plan (Sumber: realhomes.com)

Tak harus membuat sekat ruangan khusus untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang lainnya. Kamu juga bisa lho menggabungkan fungsi ruang tamu dengan ruang keluarga agar suasana semakin akrab. Selain itu, konsep ruang open plan juga bisa menghadirkan ruangan yang terkesan lebih luas. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung memikirkan pembagian ruang yang bisa mengakomodasi seluruh kebutuhan penghuni rumah. Pilihlah model furniture yang bisa mendukung fungsi kedua ruang dengan baik. Kamu pun bisa menghemat budget pengeluaran dan rumah akan terasa lebih luas, cerah, dan nyaman.

6. Gunakan warna netral

Warna netral (Sumber: mincovehomes.com.au)

Pemilihan warna sangat penting dalam menentukan konsep desain ruang tamu minimalis. Warna aman yang bisa kamu gunakan antara lain warna-warna netral, seperti cat tembok serba putih, krem, atau abu-abu muda. Saat memilih furniture ruang tamu, tetaplah berpegang pada warna solid dan warna kayu asli. Untuk memberikan sedikit aksen pada ruang tamu, kamu bisa menggunakan sarung batal atau karpet dengan warna dan motif yang lebih ceria.

7. Pasang cermin di tempat strategis

Dinding cermin (Sumber: nimvo.com)

Pemasangan cermin sudah sangat sering dilakukan, bahkan oleh desainer terkenal untuk memberikan kesan luas pada suatu ruangan. Kamu juga bisa menerapkan tips ini pada ruang tamu. Pasanglah cermin berlawanan dengan sofa atau berlawanan dengan jendela ruang tamu. Cermin ini akan merefleksikan cahaya dari luar yang melewati jendela sehingga ruangan terkesan lebih lapang.

Artikel Lainnya: 7 Tips Desain Ruang Tamu Mewah Tanpa Menguras Budget

Walaupun minimalis, kamu tetap bisa mendapatkan ruang tamu sederhana yang stylish dan menarik. Gunakan furniture dengan desain yang kekinian dan timeless agar ruangan pun tetap bisa diguanakan dalam waktu yang lama.

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Hindari 7 Kesalahan Dekorasi Rumah Ini Kalau Nggak Mau Menyesal

7 Tips Merawat Furniture Berbahan Kayu agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

7 Desain Kamar Mandi Minimalis yang Kekinian dan Menenangkan

Manis dan Fungsional, Ini 6 Desain Ruangan Dapur Terbaik

6 Ide Dekorasi Tahun Baru Cantik untuk Pesta di Rumah

Yuk, Masak lebih Praktis dengan 8 Perabot Dapur Serbaguna ini!

7 Ide Tanaman Hias Bunga untuk Mempercantik Taman di Hunian Kamu

5 Hiasan Kamar Tidur Esktra Nyaman dan Terjangkau

Keramik Dinding Minimalis untuk Backsplash Kitchen Set

7 Tips Memilih Furniture Apartemen yang Hemat Ruang

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !