7 Tips Membuat Ilusi Ruangan Lebih Luas dengan Cermin

Furniterus -

Ada banyak cara untuk membuat hunian yang sempit terlihat lebih luas, mulai dari pemilihan cat dinding, penempatan furnitur, memanfaatkan ruang sebaik mungkin, memilih furnitur multifungsi, dan sebagainya. Selain beberapa cara tadi, kamu juga bisa lho menggunakan cara mudah hanya dengan memanfaatkan cermin. Cermin tak hanya dapat digunakan untuk berkaca saja, tetapi perabot rumah yang satu ini juga bisa menjadi aksesoris yang mempercantik sekaligus memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Cermin juga mudah beradaptasi dengan berbagai model rumah, mulai dari minimalis, modern, industrial, dan sebagainya. Mau tahu cara menempatkan cermin agar ruangan terlihat lebih lapang? Yuk disimak.

1. Perhitungkan ukuran cermin

cermin ruangan luas
Sumber: thespruce.com

Cermin yang dapat berfungsi untuk memperluas ruang idealnya berukuran tiga per empat dari luas bidang dinding. Bila cermin yang digunakan terlalu kecil, maka ilusi dari kesan luas juga tidak akan berhasil diaplikasikan pada ruangan. Sebaliknya, jika cermin terlalu besar justru akan mengganggu aktivitas penghuni rumah karena tidak sedap dipandang. So, perhatikan dulu ya ukuran dari cermin dan juga luas ruangan di hunian kamu yang akan dipasangi cermin.

2. Letakkan di depan jendela

cermin ruangan luas
Sumber: architecturaldigest.com

Ingin membuat ruangan lebih luas secara maksimal? Kamu wajib nih mengikuti saran dari para interior designer. Gantungkan saja cermin di dinding yang berhadapan langsung dengan jendela di hunian kamu. Selain dapat membuat ruangan terasa lebih terbuka dan lapang, cermin juga akan memantulkan pemandangan indah dari luar, sehingga kamu akan merasa seperti memiliki jendela kedua. Apalagi jika jendela di hunian kamu menampilkan pemandangan yang indah, seperti taman yang asri, kolam renang, pepohonan, dan sebagainya. Cermin juga mampu memantulkan cahaya dari luar ke dalam ruangan sehingga ruangan pun terkesan lebih cerah dan lapang.

3. Ukur dengan akurat

cermin ruangan luas
Sumber: architecturaldigest.com

Sebelum membeli atau memasang cermin, ukur dengan cermat bidang dinding yang akan kamu pasangi cermin. Jika desain dinding terbuat dari potongan cermin, jangan lupa catat ukuran tiap potongan cermin. Pastikan ketika potongan cermin itu telah tersusun, bisa berada pas di bidang dinding. Ketelitian pengukuran ini juga dapat digunakan sebagai pedoman saat memesan dan memasang cermin. Ini penting banget untuk kamu perhatikan agar tidak salah dan proporsi ruangan yang akan dipasangi dengan cermin bisa sesuai.

4. Jenis cermin yang tepat

cermin ruangan luas
Sumber: housebeautiful.com

Perlu kamu ketahui, ada dua jenis cermin yang biasa digunakan untuk interior hunian. Jika kamu ingin memberikan efek luas pada ruangan, kamu bisa menggunakan cermin biasa dengan pantulan sempurna. Jika ingin suasana ruang yang lebih elegan dan cozy, kamu bisa menggunakan bronze cermin. Cermin dengan efek perunggu ini biasa dipadukan dengan pencahayaan yang hangat untuk membuaat suasana ruangan lebih nyaman dan romantis.

5. Cermin di pintu masuk rumah

cermin ruangan luas
Sumber: fengshuinexus.com

Menurut ilmu feng shui atau tata letak ruang, cermin sangat tepat untuk diletakkan di dekat pintu masuk rumah. Hal ini berguna untuk mengecek penampilan saat akan keluar atau saat baru masuk ke dalam rumah. Untuk menyeimbangkan, kamu juga bisa meletakkan meja konsol di bawah cermin dan juga kursi atau bangku pendek untuk memakai sepatu. Jangan lupa tambahkan juga pot tanaman hias di atas meja agar bisa memberi pantulan yang indah pada cermin.

6. Cermin untuk kamar tidur sempit

cermin ruangan luas
Sumber: pinterest.com

Untuk kamar tidur, cermin besar dan panjang layak diletakkan di salah satu sudut kamar. Tak hanya dapat berfungsi untuk melihat seluruh penampilan saat berdandan, cermin besar ini juga bisa merefleksikan seluruh tampilan ruang kamar tidur sehingga kamar terlihat lebih lapang. Untuk itu, pastikan juga cermin memiliki pencahayaan yang cukup terang, misalnya diletakkan di dekat jendela atau dengan memberi sumber cahaya di sekitar cermin.

Artikel Lainnya: 9 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sempit agar Terasa lebih Luas

7. Cermin di ruang makan

cermin ruangan luas
Sumber: robynaston.com

Gunakan cermin besar yang menggunakan bingkai untuk ruang makan, agar bisa dipindah sesuai dengan kebutuhan. Tak harus menempel pada dinding, kamu juga bisa meletakkan cermin besar di salah satu dinding yang menyentuh lantai. Dengan posisi bagian bawah cermin yang  menyentuh lantai, seluruh keluarga pun dapat melihat tampilan dirinya saat makan. Cara ini bisa membuat tampilan ruang makan menjadi lebih mewah lho.

Mudah kan? Hanya dengan cermin, kamu bisa membuat ruangan tampak lebih luas dari yang sebenarnya. Sudah siap mendekorasi ruang sempit dengan cermin?

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Cara Memelihara Kasur Agar Terbebas dari Tungau

6 Trik Karpet Ruang Tamu untuk Buat Ruangan Lebih Hangat

Yuk, Intip 5 Dekorasi Kamar Studio yang Cocok untuk Milenial di Perkotaan

Dekorasi Apartemen Studio agar Sesuai Tipe Penyewa

Mau Tinggal Nyaman di Apartemen? Simak 6 Rahasianya

7 Model Plafon untuk Tiap Gaya Rumahmu

Pilih Wallpaper atau Cat? Cek Dulu Perbandingannya

5 Tanda Kalau Kamu dan Pasanganmu Sudah Siap Beli Apartemen

8 Desain Meja Makan sebagai Primadona di Ruang Makan

Milenial, Ini Waktu yang Tepat Beli Apartemen Impianmu

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !