7 Tips Desain Ruang Tamu Mewah Tanpa Menguras Budget

Furniterus - Ruang tamu merupakan tempat di mana kita menjamu para tamu saat berkunjung ke rumah. Bahkan tidak jarang, ruang tamu juga kini memiliki fungsi ganda sebagai tempat berkumpul keluarga. Agar kita sebagai penghuni dan tamu yang datang merasa nyaman, kita tentu tidak boleh asal dalam menentukan desain ruang tamu yang tepat. Apalagi, jika ingin menghadirkan kesan mewah, namun enggan mengeluarkan budget besar. Jangan khawatir, karena kamu bisa coba 7 tips berikut ini!

1. Pilihan warna cat tembok

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan cat tembok yang sesuai untuk desain ruang tamu. Untuk ruang tamu yang sering digunakan sebagai tempat bercengkrama dengan tamu dan keluarga, sebaiknya minimalisir warna terang dan pola-pola yang terlalu berlebihan. Pilihan warna tersebut akan memberikan kesan keras, dan tentunya akan sangat melelahkan bagi mata. Gunakanlah warna-warna yang lembut supaya ruangan tetap nyaman dinikmati untuk waktu yang lama.

Sumber: architecturaldigest.com

Kamu dapat ciptakan kesan mewah nan elegan dengan memilih cat warna dasar putih, krem, atau warna cerah lainnya. Selain karena bisa menyebarkan sinar matahari ke seluruh ruangan, pilihan warna tersebut membuat ruangan menjadi lebih dingin dan sejuk. Kamu juga bisa mengolaborasikan desain ruang tamu kamu dengan dua cat bernuansa cerah agar ruang tamu semakin hidup.

Artikel Lainnya: 7 Tips Memilih Cat Tembok untuk Apartemenmu

Sedangkan untuk ruang tamu yang sebagai pelengkap, kamu bisa lebih ekspresif dengan memilih warna-warna terang dan pola-pola lebih berani.

2. Pemilihan furniture

Pemilihan furniture yang akan digunakan memiliki peran yang amat besar pada sebuah desain ruang tamu. Bagi kamu yang memiliki ruang tamu minimalis, disarankan untuk memilih konsep desain yang tidak terlalu ribet. Hal ini ditujukan untuk menghindari kesan sesak di ruang tamu.

Dalam pemilihan furniture, kamu wajib memerhatikan kebutuhan terlebih dahulu. Ruang tamu di setiap rumah tidak selalu memiliki kebutuhan furniture yang sama, bukan? Hal ini tergantung pada gaya hidup yang dianut si penghuni rumah.

Sumber: pinterest.com

Bagi yang gemar bersosialisasi, mungkin intensitas tamu yang akan datang dan menggunakan ruang tamu lebih banyak dan sering. Sebaiknya, jatuhkan pilihan pada sofa karena memiliki bantalan yang nyaman dibanding kursi rotan. Akan tetapi jika ruang tamu jarang digunakan dan hanya sebagai pelengkap, kursi rotan yang minimalis nampaknya sudah cukup cantik untuk desain ruang tamu kamu.

Dalam memilih sofa/kursi rotan dan meja, pilihlah yang berukuran ramping. Sebagai saran, kamu bisa memilih sofa/kursi yang modelnya elegan serta berbahan halus. Sofa dengan kaki tambahan di bagian ujung akan membuat tampilannya lebih enak dipandang. Apabila budget terbatas untuk membeli sofa dengan tambahan kaki, kamu bisa menyiasatinya dengan menambahkan bantal dan guling kecil berwarna mengkilat pada sofa.

Dibandingkan lemari berukuran besar, sebuah rak bertingkat nampak lebih tepat untuk mengisi ruang tamu minimalis. Selain karena ukurannya lebih ramping, rak ini juga memiliki fungsi penting sebagai penyimpanan berbagai aksesoris. Jangan lupa perhatikan keseimbangan corak warna dari furniture yang kamu pilih ya.

3. Fokus dan royal di satu hal

Sumber: next.co.uk

Pilih dan fokus pada satu furniture yang berharga. Saat kamu fokus pada satu furniture yang berharga lebih mahal dibanding yang lain, di situlah kesempatanmu untuk mempercantik ruang tamu. Misalnya, memilih meja ruang tamu dari bahan kayu solid yang mewag. Walau hanya satu titik, tapi bisa menyulap desain ruang tamu kamu dengan ciamik.

4. Cermin besar

Sumber: freshome.com

Selain furniture, kamu bisa menambahkan sebuah cermin berukuran sedang atau besar di ruang tamu. Dengan didukung pencahayaan yang cukup, cermin besar ini bisa merefleksikan cahaya sehingga membuat desain ruang tamu terasa lebih besar, semarak, bersinar, dan mewah.

Semakin besar cermin, semakin besar pula dampaknya pada ruang tamu. Akan tetapi, untuk meminimalisir budget, kamu bisa gunakan beberapa cermin kecil untuk membuat suatu kolase yang cantik.

5. Karya seni berukuran besar

Sumber: freshome.com

Sama halnya seperti cermin, sebuah karya seni berukuran super besar dapat meningkatkan kesan lebih mewah untuk desain ruang tamu kamu. Tidak perlu khawatir jika budget kamu minim. Cobalah untuk membuat sendiri proyek karya seni ukuran super besar. Selain mengasah kreativitas, tentu kamu akan puas dan bangga karena menghasilkan karya yang original , sesuai selera, dan tentunya one of a kind.

6. Lampu dan pencahayaan

Masih banyak yang kebingungan dalam menentukan desain ruang tamu yang cocok, khususnya bagian pencahayaan. Padahal, pencahayaan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi suatu ruangan, baik itu alami maupun artifisial. Tidak hanya berfungsi untuk mempermudah aktivitas, tapi pencahayaan juga akan menghidupkan suasana dari ruang tamu.

Sumber: freshome.com

Apabila ruang tamu adalah tempatmu melakukan banyak aktivitas berat, seperti membaca buku, kerja, atau diskusi, sebaiknya pilihlah lampu terang berwarna putih. Sebaliknya, pencahayaan temaram lebih cocok untuk menata ruang tamu yang berfungsi sebagai tempat berkumpul dan bercengkerama untuk hadirkan kesan hangat.

Kamu bisa menggunakan lampu hias dengan desain unik yang sesuai selera, elegan, dan dapat mempercantik ruang tamu. Selain untuk hiasan, penambahan lampu hias ini juga akan meningkatkan warna cat dinding agar semakin hidup dan tidak memudar.

7. Hadirkan aksen emas

Sumber: pinterest.com

Letakkan sesuatu yang bersinar di dalam ruang tamu. Akan lebih baik lagi apabila kamu menempatkannya di bagian yang terkena sinar. Kamu bisa menggantungkan karya yang memiliki aksen emas, atau nampan-nampan aksesoris yang elegan dan terbuat dari emas. Ingat! Jangan berlebihan karena justru akan menimbulkan kesan norak.

Artikel Lainnya:  5 Tips Memilih Lampu Hias untuk Ruang Tamu Kamu

Bagaimana, apakah 7 tips di atas sudah cukup memberimu inspirasi untuk mewujudkan ruang tamu idaman? Sampaikan pendapatmu di kolom komentar, yuk! Dan jangan lupa terus ikutin ya berbagai macam artikel-artikel baru Furniterus, yang pastinya terus menerus menulis cerita dan inspirasi untuk kamu mendekor rumah mu.

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

9 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sempit agar Terasa lebih Luas

Mau Biaya Renovasi Rumah yang Sesuai Budget? Ini 5 Caranya!

Tips Mempercantik Ruang dengan Wallpaper

7 Desain Pintu Rumah yang Kokoh dan Dekoratif

Kenapa Harus Menciptakan Kesan Luas di Apartemen Impianmu?

Hindari 5 Kesalahan Tata Ruang Rumah yang Sering Dilakukan Ini

Desain Rumah Sederhana tapi Tetap Terkesan Mewah

Dekorasi Ruang Tamu yang Nyaman untuk Apartemenmu

Bawa Keberuntungan Menurut Feng Shui, 6 Warna Dinding Rumah Ini Bisa Kamu Pilih

Bagaimana Tren Model Rumah Minimalis 2019?

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !