7 Model Plafon untuk Tiap Gaya Rumahmu

Furniterus - v style="height:20px" aria-hidden="true" class="wp-block-spacer">

Apakah kamu sadar bahwa plafon memiliki banyak sekali fungsi? Tak hanya berguna untuk menutup rangka atap, bagian langit-langit rumah ini juga menjadi tempat untuk menyembunyikan berbagai instalasi listrik dan air pada rangka plafon. Plafon yang dipasang dengan baik juga dapat memperlancar sirkulasi udara hingga bisa meredam suara, terutama untuk ruangan musik dan sejenisnya. Plafon juga bisa menambah estetika rumah lho. Ada banyak model plafon yang bisa kamu sesuaikan dengan tema rumah dan suasana yang ingin diberikan pada ruangan. Mau lihat model plafon apa saja yang bisa kamu terapkan? Yuk lihat inspirasinya.

1. Plafon putih

model plafon
Plafon putih (Sumber: decorpad.com)

Plafon yang paling sering digunakan karena desainnya yang minimalis dan cocok digunakan untuk semua gaya hunian adalah plafon putih. Plafon ini mengambil panel polos berwarna putih yang minimalis. Untuk kamu yang menyukai tampilan polos tanpa ornamen, maka desain plafon yang satu ini sangat pas. Plafon ini bisa dibuat dari semen acian atau triplek, kemudian cat plafon dengan warna putih. Plafon berwarna putih ini bisa membuat tampilan ruangan lebih luas dan cerah karena keunggulan warna putih yang bisa memantulkan cahaya di dalam ruangan.

2. Plafon balok kayu

model plafon
Plafon kayu balok (Sumber: pinterest.com)

Mau memasukkan unsur rustic yang alami ke dalam ruangan rumah kamu? Plafon minimalis dari balok kayu ini juga bisa mempercantik ruangan. Plafon dari balok kayu ini akan membuat rumah terkesan lebih natural, sejuk, dan homey. Material balok kayu yang diaplikasikan pada plafon sangat cocok apabila digunakan pada ruang tamu atau kamar tidur. Bagusnya, jenis plafon balok kayu ini dilengkapi dengan pemilihan furniture kayu serta warna cat putih. Warna cat putih akan membuat tampilan ruangan terasa lebih segar dan cerah.

3. Plafon gypsum

model plafon
Plafon gypsum (Sumber: quora.com)

Plafon rumah yang terbuat dari gypsum akan membuat tampilan rumah tampak mewah dan elegan. Agar tampilannya semakin elegan, kamu bisa menambahkan dekorasi seperti lampu chandelier atau lampu-lampu central. Plafon gypsum juga dapat dibuat dalam berbagai macam desain lho, mulai dari bertingkat atau yang biasa dikenal dengan drop up ceiling, hingga bentuk kubah atau dome. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih mudah dalam menyesuaikannya dengan gaya desain ruangan.

4. Plafon hidden lighting

model plafon
Plafon hidden lighting (Sumber: pinterest.com)

Desain plafon yang satu ini merupakan desain yang paling disukai untuk gaya rumah minimalis. Plafon ini mengusung konsep bertingkat dengan menyembunyikan lampu pijar dengan sempurna di sela-sela tingkatannya. Desain ini pun menjadikan plafon tak hanya sebagai penutup atap saja, tetapi juga berfungsi sebagai sumber pencahayaan. Model plafon seperti ini biasanya disebut dengan konsep hidden lighting karena pencahayaan seperti tersembunyi. Pencahayaan ini pun membuat ruangan terasa lebih lembut dan hangat. Biasanya, bagian tengah plafon ini juga dibiarkan kosong. Untuk penerangan tambahan, kamu bisa menggunakan lampu meja atau lampu lantai.

5. Plafon geometris

model plafon
Plafon geometris (Sumber: pinterest.com)

Apabila kebanyakan plafon dibuat menjorok ke dalam atau datar, kamu bisa lebih bereksperimen dan memberikan tampilan unik pada ruangan dengan plafon timbul berdesain geometris. Agar tampilannya semakin artistik, buat desain plafon dengan rongga-rongga geometris yang dilengkapi pencahayaan di setiap sisi-sisinya.

6. Plafon klasik

model plafon
Plafon klasik (Sumber: arcadiadesain.com)

Model klasik memang tak pernah lekang oleh zaman dan selalu menjadi model desain favorit bagi banyak orang. Desain plafon klasik selalu berhasil membuat tampilan ruangan terlihat lebih mewah, modern, dan kekinian. Cukup dengan plafon berbentuk kotak yang menjorok masuk ke dalam, maka kamu sudah bisa mendapatkan plafon cantik di rumah.

7. Plafon futuristik

model plafon
Plafon futuristik (Sumber: home-designing.com)

Suka dengan film yang bertemakan sci-fi atau masa depan? Kamu juga bisa lho memasukkan unsur futuristik ke dalam rumah agar ruangan terlihat lebih modern. Tidak perlu repot dengan desainnya, hanya dengan sedikit kurva atau lengkungan dan permainan tinggi rendah pada plafon, kamu sudah bisa membuat desain plafon futuristik yang unik.

Ternyata ada banyak sekali desain plafon yang bisa kamu pilih sesuai dengan gaya interior rumah. Dari seluruh model plafon yang telah diberikan tadi, kira-kira model mana yang paling sesuai dengan keinginan dan kepribadianmu?

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

5 Cara Memilih Keramik Sesuai Kebutuhan dan Fungsi Ruangan

Milenial, Ini Waktu yang Tepat Beli Apartemen Impianmu

7 Fitur Apartemen yang Disukai Generasi Milenial

Punya Apartemen Tipe Studio? Ini 7 Trik Agar Lebih Luas

Apa Itu Cat Duco? Yuk, Kenalan Lebih Dekat!

6 Trik Desain Dapur Minimalis Kecil Agar Tetap Nyaman

7 Dekorasi Kamar Minimalis dan Elegan yang Cocok untuk Kaum Millenial

Yuk, Masak lebih Praktis dengan 8 Perabot Dapur Serbaguna ini!

Tips Memilih Karpet Lantai untuk Ruangan Minimalis

Mau Meng-Update Ruangan? Ikuti 8 Tren Desain Interior 2019 Ini

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !