7 Ide Tanaman Hias Bunga untuk Mempercantik Taman di Hunian Kamu

Mau mempercantik taman di hunian kamu? Nah, tanaman hias bunga bisa menjadi pilihan tepat untuk mewujudkan taman indah yang kamu idam-idamkan. Taman yang hanya menampilkan warna hijau saja tentu akan terlihat membosankan. Maka, kamu perlu variasi warna dari tanaman hias bunga. Selain indah, bunga untuk tanaman hias juga sangat mudah untuk kamu dapatkan dan cukup mudah untuk merawatnya. Mau tahu rekomendasi tanaman hias yang bisa kamu pilih untuk mempercantik taman? Check these out!

1. Bunga Anggrek

Sumber: tempo.co

Ini dia tanaman hias cantik yang keindahannya tak lekang oleh waktu. Hingga saat ini, bunga anggrek masih menjadi favorit banyak orang untuk memperindah taman. Bunga anggrek dijuluki sebagai “puspa pesona” dan merupakan salah satu jenis bunga khas nusantara. Bunga anggrek juga mempunyai berbagai macam warna, jenis, serta bentuk. Ada sekitar 5.000 – 6.000 jenis bunga anggrek yang  bisa kamu pilih.

Beberapa jenis yang paling umum dipilih sebagai tanaman hias antara lain anggrek bulan, anggrek hitam, anggrek kantong kelopaking, anggrek tebu, dan anggrek bulan Kalimantan. Keindahan bunga anggrek sering diidentikan sebagai salah satu simbol rasa cinta, keindahan, dan juga kemewahan.

2. Bunga mawar

Sumber: wajibbaca.com

Siapa sih yang tidak kenal bunga mawar? Bunga cantik yang melambangkan cinta ini selalu berhasil meraih perhatian dari banyak penggemarnya. Selain memberikan kesan indah, bunga mawar juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yang memeliharanya. Aroma harum pada bunga mawar dapat mengatasi rasa stress dan depresi. Selain itu, kandungan zat kimia pada bunga mawar juga bisa berfungsi sebagai terapi untuk menghilangkan sakit kepala. Wah, menarik banget ya?

Banyak orang hanya tahu bunga mawar mempunyai warna merah dan putih. Padahal, bunga mawar memiliki lebih dari 100 spesies, lho. Warnanya pun bermacam-macam, mulai dari pink, biru, peach, kuning, dan sebagainya. So, mau pilih bunga mawar warna apa untuk taman rumahmu?

3. Bunga melati

Sumber: seruni.id

Aroma harum yang dikeluarkan oleh bunga yang satu ini menjadi alasan banyak orang memilihnya sebagai tanaman hias di hunian. Bahkan, jenis melati putih telah ditetapkan sebagai salah satu bunga nasional Indonesia bersama dengan Rafflesia Arnoldii dan anggrek bulan. Bunga melati sangat mudah ditanam dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Kamu hanya perlu melakukan pemangkasan untuk merapikan ranting yang tidak diinginkan.

Tidak hanya warna serta bentuknya yang cantik, bunga melati berguna sebagai obat anti radang serta dapat melegakan pernafasan. Bunga melati juga sering digunakan dalam upacara tradisional sebagai penghias rambut pengantin Jawa dan Sunda. Eits, tapi jangan hubungkan bunga melati dengan kesan mistis ya.

4. Kembang sepatu

Sumber: pixabay.com

Kembang sepatu adalah tanaman hias yang bisa tumbuh dengan mudah pada tempat yang terkena sinar matahari. Untuk menanam tanaman ini, kamu disarankan untuk menanamnya menggunakan pot karena tanaman ini akan tumbuh besar. Dengan pot, kamu bisa mengendalikan pertumbuhan tanaman hias ini. Walaupun bernama bunga sepatu, bunga ini sama sekali tidak mirip dengan sepatu dan memiliki warna merah muda yang indah.

Artikel Lainnya: 7 Cara Memaksimalkan Taman Minimalis Depan Rumah Berlahan Sempit

5. Kamboja

Sumber: indoblognet.com

Pasti kamu pernah lihat ‘kan bunga indah berwarna merah muda atau kuning putih yang kerap disematkan di belakang telinga. Yap, bunga tersebut merupakan bunga kamboja. Bunga yang sangat identik dengan pulau Bali ini juga kerap digunakan untuk melengkapi berbagai upacara tradisional di Pulau Dewata, lho. Jenis bunga ini pun cukup banyak, di antaranya adenium waterfall dan adenium windmill.

Selain bentuknya yang unik dan bunganya yang indah, tanaman ini mempunyai manfaat bagi kesehatan manusia. Bunga dan getah kamboja mengandung zat yang bisa menghambat disentri, radang saluran pernafasan, TBC dan hepatitis.

6. Alamanda

Sumber: tokopedia.com

Alamanda merupakan tanaman hias yang cukup mudah perawatannya. Tanaman yang tumbuh secara bergerombol ini bisa berkembang dengan sangat pesat. Bunga ini juga sering disebut sebagai bunga terompet emas dan juga bunga lonceng. Walaupun tidak mengeluarkan aroma yang kuat, bunga ini memiliki warna kuning yang sangat indah.

7. Bunga kenanga

Sumber: menatap-aceh.blogspot.com

Bunga kenanga merupakan tanaman khas Indonesia yang ditetapkan sebagai tanaman yang menjadi identitas Provinsi Sumatera Utara. Bunga ini mempunyai kelopak bunga berwarna kuning dan akan mengeluarkan bau yang sangat harum. Hunian kamu pun akan menjadi lebih nyaman dengan kehadiran wangi dari bunga ini.

Artikel Lainnya: 5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Apartemen

Itulah beberapa jenis tanaman hias bunga yang bisa kamu pilih. Dari semuanya yang sudah diulas, bunga manakah yang menjadi favoritmu? Bagikan pendapatmu melalui kolom komentar ya dan kami dari Furniterus selalu memberi update terbaru mengenai berbagai artikel-artikel menarik yang dapat dilihat dibawah ini, ayo terus stay tuned ya!

Artikel Lainnya

Dapur Minimalis Sederhana yang Homey dan Disukai Kaum Muda

6 Cara Merawat Wallpaper agar Kecantikannya Tetap Terjaga

Kitchen Set Mini Untuk Mempercantik Dapur Mungil Kaum Urban

Rumah Sederhana Minimalis yang Lega dan Nyaman

7 Tipe Dapur yang Wajib Kamu Tahu

Lemari Gantung Dapur Kekinian yang Simpel dan Keren

Tips Jitu Menghemat Biaya Listrik di Apartemen

Yuk, Intip 5 Dekorasi Kamar Studio yang Cocok untuk Milenial di Perkotaan

Desain Kamar Mandi Minimalis untuk Apartemen

Buat Apartemen Luar Biasa dengan 8 Desain Ruang Tamu Multifungsi ini!

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !