7 Ide Ruang Keluarga Minimalis untuk Momen Berkumpul Makin Seru

FURNITERUS.com – Momen berkumpul dan bersantai bersama keluarga di rumah tentu menjadi hal yang paling dinantikan. Agar acara berkumpul selalu seru dan menyenangkan, tentu Anda membutuhkan ruangan yang nyaman dan bisa menyesuaikan dengan seluruh kebutuhan masing-masing anggota keluarga. Untuk itu, desain ruang keluarga harus dibuat senyaman dan sebaik mungkin. Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk membuat ruang keluarga?

Tak perlu khawatir, desain ruang keluarga minimalis bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin membuat ruang khusus untuk berkumpul bersama keluarga di lahan yang terbatas. Untuk memudahkan Anda, berikut adalah inspirasi ruang keluarga minimalis yang bisa ditiru.

1. Ruang keluarga sekaligus ruang kerja

Ruang keluarga dan ruang kerja (Sumber: modsy.com)

Rumah dengan lahan yang benar-benar terbatas memang cukup menyulitkan Anda untuk menatanya sesuai keinginan. Nah, salah satu solusinya adalah dengan menggabungkan dua fungsi ruang menjadi satu seperti ruang keluarga dan ruang kerja ini. Untuk memisahkan fungsi keduanya, Anda bisa menggunakan karpet yang berbeda atau menggunakan keramik dengan motif yang berbeda. Anda pun masih bisa mengawasi anak yang sedang bermain di ruang keluarga saat sedang bekerja. Praktis kan?

2. Ruang keluarga yang menyatu dengan dapur

Ruang keluarga dan dapur (Sumber: loveproperty.com)

Satu lagi inspirasi penggabungan ruang keluarga dengan ruang lainnya, yaitu dapur. Tak hanya pada rumah tapak, inspirasi ruang keluarga yang satu ini juga cocok diaplikasikan pada apartemen yang memiliki ukuran terbatas. Agar tampilannya terlihat serasi dan cantik, Anda sebaiknya mengaplikasikan warna dan furnitur yang serupa di antara kedua ruangan.

3. Ruang keluarga eklektik

Ruang keluarga eklektik (Sumber: mydomaine.com)

Desain eklektik ternyata juga bisa tampilan menarik di ruang keluarga minimalis. Namun, agar ruangan tetap terlihat sederhana dan jauh dari kesan sempit, Anda bisa menyingkirkan berbagai dekorasi yang biasanya digunakan pada gaya eklektik. Untuk menonjolkan kesan eklektik, Anda bisa bermain dengan motif dan warna. Misalnya, gunakan warna sofa dengan warna yang berbeda dari keseluruhan desain ruangan dan lengkapi dengan karpet bermotif unik. Sebagai dekorasi, Anda juga bisa menambahkan vas bunga atau patung dengan bentuk yang eksotis.

4. Ruang keluarga modern

Ruang keluarga modern (Sumber: thespruce.com)

Salah sata gaya yang paling mudah diaplikasikan pada ruang keluarga adalah gaya modern. Untuk ruang keluarga minimalis modern, Anda bisa menggunakan warna-warna netral seperti putih dan abu-abu. Aplikasikan kayu pada lantai dan lapisi dengan karpet untuk menambah kehangatan. Gunakan sofa dengan desain sederhana dan meja kopi minimalis di bagian tengahnya. Untuk menghemat tempat, Anda bisa menggunakan TV yang digantung pada dinding.

5. Ruang keluarga dengan warna yang ceria

Ruang keluarga ceria (Sumber: trendir.com)

Minimalis bukan berarti Anda tidak bisa menambahkan dekorasi atau menggunakan warna yang cerah pada ruang keluarga lho. Anda juga bisa menambah kesan ceria pada ruang keluarga dengan aplikasi warna cerah seperti ungu, kuning, pink, atau biru. Namun, bagi Anda yang tidak ingin interior ruang keluarga terlihat terlalu mencolok, sebaiknya gunakan warna putih untuk dinding dan gunakan warna cerah sebagai aksen pada sofa, bantal dekorasi, vas bunga, dan dekorasi lainnya.

Artikel Lainnya: Bawa Keberuntungan Menurut Feng Shui, 6 Warna Dinding Rumah Ini Bisa Kamu Pilih

6. Ruang keluarga semi outdoor

Ruang keluarga semi outdoor (Sumber: pinterest.com)

Ruang keluarga tidak selalu harus berada di dalam rumah. Anda juga bisa berkreasi dan membuat suasana baru dengan menempatkan ruang keluarga di area semi outdoor seperti yang satu ini. Konsep ruang keluarga yang satu ini terasa segar, cerah, nyaman, dan dekat dengan alam. Waktu berkumpul di pagi atau malam hari pun akan terasa nyaman. Anda juga bisa menikmati sarapan bersama sambil menikmati sinar matahari dan pemandangan, atau menikmati sejuknya angin di malam hari.

7. Ruang keluarga bohemian

Ruang keluarga bohemian (Sumber: graceinmyspace.com)

Interior ruang keluarga bohemian cocok untuk keluarga yang ceria, hangat, dan penuh semangat. Warna-warna cerah serta tekstur yang khas dengan gaya bohemian akan membuat interior ruang keluarga terasa lebih hidup. Beberapa unsur yang bisa Anda hadirkan untuk menciptakan ruang keluarga bohemian adalah karpet dengan rumbai di bagian ujungnya, throw blanket, dan bantal warna-warni.

Artikel Lainnya: 6 Cara Menata Ruang Keluarga untuk Berkumpul Nyaman Bersama Keluarga

Seru banget kan? Desain mana yang paling menarik bagi Anda dan keluarga? Pastikan desain ruang keluarga bisa mengakomodasi seluruh kebutuhan anggota keluarga Anda ya.

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Rumah Anti Rayap dengan 8 Cara Alami Ini

7 Desain Pintu Rumah yang Kokoh dan Dekoratif

9 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sempit agar Terasa lebih Luas

8 Ide Desain Kamar Tidur Minimalis Super Nyaman

7 Dekorasi Kamar Aesthetic Kekinian yang Instagramable

7 Tips Membuat Ilusi Ruangan Lebih Luas dengan Cermin

7 Tipe Dapur yang Wajib Kamu Tahu

Pilih Wallpaper atau Cat? Cek Dulu Perbandingannya

Keramik Dinding Minimalis untuk Backsplash Kitchen Set

7 Warna Kitchen Set untuk Dapur Terlihat Lebih Segar

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !