7 Ide Rak Dapur Minimalis untuk Dapur Kecil

Furniterus - Rak merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah desain dapur. Selain digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan-bahan makanan, lemari dapur hampir selalu dapat mendominasi tampilan dari sebuah ruangan dapur. Nah, pemilihan desain rak yang tepat dapat membantu kamu memaksimalkan fungsi ruangan, serta memberikan kesan cantik pada hunian. Desain rak yang estetis dan fungsional akan memberikan dapur yang praktis untuk kamu gunakan. Apalagi jika kamu memiliki ruangan dapur dengan luas yang terbatas. Memilih desain rak yang tepat sangat penting agar ruang dapur tidak terlihat sempit dan penuh dengan semua perabotannya. Salah satu desain rak yang bisa kamu pilih untuk dapur berukuran kecil adalah rak dapur minimalis. Desainnya yang sederhana dan tidak membutuhkan banyak ruang sangat cocok jika digunakan untuk dapur kecil. Desain rak dapur minimalis yang seperti apa saja ya yang bisa kamu gunakan untuk dapur idaman? Yuk, kita cari tahu!

1. Rak dapur minimalis dari kayu

 

Sumber: peachandpinehome.com

Apakah kamu senang membuat perabotan custom? Yap, perabotan yang dibuat secara custom dapat menjadi pilihan yang paling tepat untuk memaksimalkan fungsi ruang, terlebih untuk dapur kecil. Kamu bisa mencoba untuk membuat rak dapur dari bahan kayu, yang materialnya termasuk gampang untuk ditemukan. Bahan kayu cukup mudah untuk kamu kreasikan sesuai dengan bentuk yang diindinkan. Berbagai jenis kayu juga tersedia di pasaran dengan harga yang dapat disesuaikan dengan bujet yang tersedia, mengingat kayu memiliki beragam jenis mulai dari yang murah sampai mahal.

Salah satu rak kayu yang dapat kamu kreasikan adalah rak kayu tanpa pintu yang menggantung di dinding dapur. Desainnya yang menggantung dan menempel di dinding seperti ini dapat menghemat ruang dapur kamu lho, sehingga terlihat lebih luas dan rapi.

Artikel Lainnya: 5 Model Rak Piring Gantung Untuk Dapur Lebih Rapih dan Bersih

2. Rak dapur minimalis terbuka dengan boks

 

Sumber: epigenetics-and-infections2017.org

Rak dapur tidak selamanya harus tertutup, kamu juga bisa membuat desain rak dapur dengan konsep semi terbuka. Desain seperti ini juga dapat menjadi solusi bagi ruangan dapur yang tidak terlalu besar, agar tidak terkesan penuh dan sesak. Rak dapur yang tertutup akan membuat ruangan terlihat lebih sempit. Untuk desain rak dapur yang semi terbuka, kamu bisa menambahkan boks-boks dengan desain kayu atau jerami untuk menyimpan peralatan dapur dengan rapi dan cantik. Selain murah, boks juga mudah ditemukan dengan bentuk yang variatif. Kamu bisa menggunakan boks-boks ini untuk tempat menyimpan berbagai peralatan dapur sehingga lebih mudah untuk dicari saat akan dipakai. Bosan? Kamu cukup mengganti saja model boksnya dan dapur kamu dijamin akan terlihat baru kembali. Menarik kan?

3. Rak dapur minimalis tersembunyi di bawah tangga

 

Sumber: decorpad.com

Lahan yang terbatas bukanlah alasan untuk kamu memiliki dapur impian. Area bawah tangga yang biasanya menjadi tempat tidak terpakai atau bahkan kamu jadikan gudang, dapat dialihfungsikan menjadi dapur minimalis dengan sejuta manfaat. Kamu bisa membuat rak dapur minimalis custom dari potongan kayu yang menyesuaikan dengan ruang yang ada di bawah tangga. Selain mudah, biaya pembuatannya pun cenderung murah lho, mengingat space yang digunakan pastinya tidak terlalu besar. Worth to try kan?

4. Rak dapur minimalis dengan konsep modular

 

Perabotan modular saat ini semakin banyak digemari karena selain praktis, desain yang ditawarkan juga cenderung lebih minimalis dan cantik. Apalagi kebanyakan orang saat ini lebih mempertimbangkan penggunaan furniture yang lebih praktis, dinamis, serta desain yang unik. Nah, rak modular dapat menjadi pilihan untuk kamu. Cara modular ini akan mengurangi penggunaan barang yang terlalu banyak atau ruang yang terlalu luas.

Sumber: intterea.in

Kamu bisa membeli rak dapur yang sudah jadi dan memasangnya sesuai dengan kebutuhan. Biaya yang dikeluarkan juga terbilang lebih murah, karena umumnya rak modular diproduksi secara massal. Pilihan ini cocok untuk kamu yang tinggal di kota-kota besar dan memiliki waktu terbatas dalam proses dekorasi rumah. Pemasangan rak modular yang mudah dan cepat, tentunya akan menghemat waktu juga energi kamu.

Artikel Lainnya: Jadikan Dapurmu lebih Apik dengan 9 Ide Rak Piring Praktis Berikut ini!

5. Rak dapur minimalis menggunakan kisi-kisi sederhana

 

https://furniterus.com/wp-content/uploads/2018/08/small-coffee-station-idea-wall-400×500.jpeg

Sumber: outintherealworld.com

Kisi dapat menjadi alternatif saat kamu kekurangan space untuk menyimpan berbagai peralatan dapur yang lebih efektif, efisien, tidak memakan banyak tempat, dan tentu saja lebih murah. Selain pemasangannya yang sangat mudah, sentuhan ini dapat memberikan kesan yang lebih hidup bagi dapur kamu. Menggunakan kisi-kisi sebagai rak dapur dapat membuat kamu lebih mudah dalam menemukan dan menata berbagai peralatan dapur. Namun perlu diingat ya, kamu harus terus merawat dan menjaga kebersihan rak dapur, mengingat rak ini akan langsung terlihat oleh pandangan mata. Nggak mau kan ada orang yang menemukan kotoran atau depu menempel pada peralatan dapur kamu?

6. Rak dapur minimalis dari besi

 

Sumber: hative.com

Kamu tidak terlalu suka dengan desain rak dari kayu? Ini dia alternatif yang bagus untuk rak kayu yaitu besi tahan karat. Baja tidak hanya akan memberikan tampilan yang lebih industrial pada dapur dan menciptakan reflektif yang indah, rak dari bahan besi tentunya juga lebih kuat dan tahan lama dibandingkan rak dari kayu. Cocok nih buat kamu yang malas berganti-ganti desain dan ingin menghemat biaya pemeliharaan.

7. Rak dapur minimalis kayu tipis yang melayang di dinding

 

Sumber: diyinpdx.com

Rak kayu dengan desain yang kurus dan menawan ini sangat cocok digunakan untuk desain dapur minimalis kamu. Desainnya yang ramping juga akan membuat ilusi ruangan yang terlihat lebih luas dan lapang. Eits, pastikan kayu yang kamu pilih sebagai tempat untuk menyimpan berbagai peralatan dapur ini sudah ditopang dengan baik ya agar tidak mudah jatuh.

Lihat Juga: Kitchen Set Custom Furniterus

Jadi rak dapur seperti apa yang sekarang sudah ada dipikiran kamu? jika kamu masih bingung coba kamu cek kitchen set kami, kami bisa membantu kamu mewujudkan rak dapur minimalis impianmu.

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Kerja Lebih Produktif dengan 6 Trik Menata Ruang Kerja Mini

7 Cara Hemat Listrik AC di Rumah

7 Inspirasi Desain Ruang Kerja Rumah untuk Kamu yang Produktif

Mengenal 7 Jenis Kompor Gas Sesuai Kebutuhanmu

Akali Keterbatasan Ruang dengan 6 Ide Pembatas Ruangan

Bagaimana Tren Model Rumah Minimalis 2019?

8 Gambar Wallpaper Kekinian yang Cocok untuk Ruangan Sempit

5 Cara Memilih Keramik Sesuai Kebutuhan dan Fungsi Ruangan

7 Fitur Apartemen yang Disukai Generasi Milenial

Desain Interior Apartemen yang Homey Banget

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !