7 Hal Penting Sebelum Menggunakan Jasa Desain Interior

Untuk membuat sebuah rumah idaman, tentu banyak hal yang perlu dilakukan, termasuk salah satunya adalah menggunakan jasa desain interior. Saat ini, jasa desain interior semakin lama semakin dibutuhkan. Untuk menciptakan ruangan rumah yang sesuai dengan harapan, banyak pemilik rumah yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa seorang desainer interior. Karena tidak hanya bagian eksterior atau fasad rumah saja yang penting untuk diperhatikan, namun bagian dalam rumah juga harus diperhatikan dengan baik dari segi kenyamanan juga estetika.

Biasanya jasa desain interior dibutuhkan oleh pemilik rumah untuk mendesain tampak dalam sebuah ruangan, seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang kerja, kamar mandi, atau ruang keluarga. Desainer interior akan membantu mulai dari pemilihan warna cat dinding, penentuan pencahayaan, furniture hingga pemilihan lantai dan plafon.

Lingkup kerja dari desainer interior didasari pada tiap ruangan yang akan dibuat dan disesuaikan dengan keinginan klien. Biasanya tahap pengerjaan akan dimulai dengan mendesain ruang menggunakan gambar 2 dimensi (denah untuk pengaturan ruangan) dan 3 dimensi sebelum pengerjaan desain. Dengan desain 3 dimensi diharapkan hasil akhir dari sebuah desain interior tidak akan jauh berbeda dengan perencanaan dan sesuai dengan keinginan pemilik rumah.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan jasa desain interior, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui. Apa saja? Yuk, lihat penjelasannya berikut ini.

1. Mengetahui latar belakang atau pengalaman desainer

Sumber: unsplash.com

Sebelum menggunakan jasa dari seorang desainer interior, kamu harus mencari tahu seperti apa desainer yang akan kamu gunakan. Caranya adalah dengan melihat portfolio desainer. Jika memang portfolio yang mereka hasilkan bagus dan sesuai dengan konsep yang kamu punya, maka tidak ada salahnya kamu mencoba menggunakan jasa mereka.

Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung proyek yang pernah dibuat oleh desainer. Jika memang bentuk asli desain interior sesuai dengan gambar yang dibuat, dapat dipastikan kamu tidak akan menyesal menggunakan jasa mereka. Jangan tergoda dengan harga murah yang ditawarkan, karena belum tentu hasil pekerjaan mereka sesuai dengan harga yang ditawarkan.

2. Menyiapkan anggaran pembangunan

Sumber: mp3tube.info

Hal lain yang perlu kamu siapkan adalah anggaran yang diperlukan untuk mendesain rumah. Kamu harus menentukan budget dan perkiraan berapa biaya yang sepertinya akan kamu keluarkan untuk menggunakan jasa desain interior. Dengan menyiapkan anggaran ini, kamu nantinya bisa mengkonsultasikannya dengan desainer interior pilihanmu. Desainer interior akan membantu menyesuaikan anggaran yang telah kamu buat dengan kesepakatan desain yang kamu inginkan.

3. Mengetahui berbagai gaya desain interior

Sumber: youtube.com

Nah, agar kamu lebih mudah dalam menyampaikan desain interior yang diinginkan, maka sebelum kamu menggunakan jasa desainer interior, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu gambar atau foto desain interior rumah yang kamu inginkan dan juga desain interior yang tidak disukai. Tips ini nantinya akan mempermudah kamu dalam menyampaikan keinginan gaya desain interior pilihanmu kepada jasa desainer interior. Dari gambar itu pula, akan muncul berapa kisaran harga yang diperlukan untuk mewujudkan desain interior ruangan impianmu. Mengetahui gaya desain favorit juga bisa menghemat waktu pengerjaan lho, karena proses perencanaan desain sudah lebih terarah.

Artikel Lainnya: 9 Tren Desain Interior Rumah 2018

4. Mengenali fungsi tiap ruangan

Sumber: o-krohe.ru

Selain terlihat indah dan nyaman, tiap ruangan di dalam rumah haruslah mempunyai fungsi yang sesuai untuk setiap anggota keluarga, sehingga pembuatan ruang tersebut tidak sia-sia. Jadi, dalam proses pembuatan desain awal jangan lupa untuk berdiskusi dengan tiap anggota keluarga. Misalnya, jika kamu adalah orang tua yang mempunyai anak kecil sebaiknya membuat desain tangga yang aman untuk anak-anak. Dengan memerhatikan tiap fungsi ruangan di dalam rumah, maka kamu tidak akan sia-sia telah membayar harga untuk pembuatan desain interior.

5. Meminta rekomendasi kepada orang terdekat

Sumber: unsplash.com

Memilih jasa desainer interior memang tidak mudah. Biasanya tiap desainer mempunyai ciri khas masing-masing dalam mendesain rumah atau bangunan. Nah, untuk mendapatkan jasa desainer interior yang tepat kamu bisa mencoba untuk meminta rekomendasi dari orang-orang sekitar yang pernah memakai jasa desain interior dari desainer ini sebelumnya. Cara ini tentu lebih ampuh dan terpercaya karena kamu mendapatkan testimoni dari orang terdekat yang telah mengetahui hasil pekerjaan serta harga jasa desainer interior.

6.Perhatikan lingkup tugas dan kerja desainer

Sumber: unsplash.com

Lingkup kerja dari seorang desainer interior tentu ada beberapa macam. Ada yang dapat membuat desain dan mengerjakan proyek secara sekaligus, dan ada pula yang hanya membuat desain saja. Maka dari itu, kamu harus paham mengenai ruang lingkup kerja mereka. Caranya adalah dengan menanyakan terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan yang akan terjadi ditengah-tengah proses pelaksanaan pembangunan.

7. Mengetahui setiap syarat dan ketentuan perjanjian

Sumber: houzz.com

Sebelum proyek desain interior dilaksanakan, pastikan kamu sudah mengetahui tugas dan tanggung jawab dari jasa desainer interior yang tertera pada perjanjian. Kamu bisa bertanya mengenai ruang lingkup tugas dan tanggung jawab mereka serta pihak-pihak lain yang mungkin terkait. Bila ada poin yang tidak cocok atau kurang sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan, maka jangan segan-segan untuk melakukan diskusi atau negosiasi ulang kepada mereka hingga mencapai kata sepakat. Pastikan juga untuk menanyakan rincian harga jasa desain interior hingga proyek selesai, sehingga kamu tidak perlu repot untuk menyiapkan dana tambahan di tengah-tengah berjalannya proyek.

Artikel Lainnya: 7 Tips Desain Interior Rumah Minimalis yang Tak Lekang oleh Waktu

Apakah kamu sudah paham? Jangan lupa untuk memerhatikan tips di atas sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa pembuatan desain interior ya. Semoga tips tadi dapat membantu kamu agar dapat memilih desain interior yang tepat untuk mewujudkan rumah atau apartemen impianmu. Selamat membangun!

Setiap harinya, kami terus menerus membuat artikel-artikel terseru untuk kamu semua loh, semuanya bisa dibaca di Furniterus. Tetap stay tuned ya dan selalu semangat mendekor ruangan mu agar lebih baik lagi! 🙂