7 Desain Interior Rumah Tipe 36 yang Nyaman untuk Pasangan Muda

Apakah kamu termasuk pasangan baru yang sedang mencari tempat tinggal? Biasanya, rumah yang paling digemari oleh pasangan mudah yang baru saja menikah berkisar antara tipe 21 dan 36 yang harganya masih cenderung terjangkau dan ukurannya juga tidak terlalu besar. Tipe 36 dengan luas tanah 60 meter persegi memang cocok untuk keluarga kecil. Rumah tipe ini biasanya memiliki 2 kamar tidur, 1 kamar tidur, 1 dapur, dan juga 1 ruang tamu. Kamu berniat membuat desain interior rumah tipe 36 yang nyaman? Yuk, simak beberapa inspirasinya berikut ini.

1. Menata kamar tidur dengan nyaman

Sumber: elledecor.com

Ruangan yang paling penting atau esensial di dalam rumah tentunya adalah kamar tidur. Di dalam rumah tipe 36, ruang tidur harus mendapatkan perhatian lebih. Kamar tidur harus dibuat senyaman mungkin karena akan menjadi tempat beristirahat dan melepas penat setelah seharian beraktivitas. Membuat kamar tidur yang nyaman bisa diwujudkan dengan memilih kasur yang tepat, dipadukan dengan side table dan lampu dengan pencahayaan yang pas. Kamu juga harus memperhatikan tempat penyimpanan di dalam kamar. Karena, ukuran kamar yang tidak terlalu besar bisa membuat kamar sumpek jika barang tidak disimpan dengan cara yang tepat.

2. Warna abu-abu untuk buat ruangan terlihat lebih luas

Sumber: archzine.com

Walaupun luas rumah tipe 36 cenderung terbatas, kamu tetap bisa kok membuatnya secantik mungkin. Agar terlihat lebih luas, kamu bisa menggunakan warna abu-abu muda sebagai warna utama dinding. Warna ini juga cocok bila dipadukan dengan ornamen yang lebih colorful, seperti stiker atau lampu dinding.

3. Aplikasikan gaya Skandinavia

Sumber: mydomaine.com

Salah satu ciri khas dari gaya Skandinavia adalah penggunaan warna-warna yang lembut seperti putih, cokelat, abu-abu, dan lainnya. Warna putih yang diaplikasikan pada interior rumah tidak hanya mampu membuat ruangan terlihat lebih elegan, namun juga bisa memberi ilusi yang lebih lega.

4. Gunakan furniture custom

Sumber: alibaba.com

Luas ruangan yang terbatas, membuat kamu harus ekstra jeli dalam memanfaatkan setiap ruang yang ada. Nah, agar tiap sudut ruangan bisa dimaksimalkan dengan baik, kamu bisa lho mencoba menggunakan furniture custom. Furniture custom ini bisa disesuikan dengan keinginan dan juga kondisi rumah. Misalnya, kamu membuat kitchen set atau lemari pakaian dengan tinggi serta lebar yang menyesuaikan ruangan. Dengan begitu, tak akan lagi ada ruang yang terbuang sia-sia karena semua telah diperhitungkan dengan baik.

Artikel Lainnya: Furniture Paketan vs Furniture Satuan: Mana yang Lebih Baik?

5. Gunakan lemari terbuka berbahan kayu atau stainless steel pada dapur

Sumber: houzz.com

Desain dapur di sebuah hunian juga sangat penting untuk diperhatikan karena merupakan salah satu ruangan yang hampir setiap hari dikunjungi. Selain kebersihan dapur, keindahan ruangan juga harus kamu perhatikan. Untuk dapur dengan luas terbatas di rumah tipe 36, kamu bisa menggunakan furniture dapur berbahan kayu atau stainless yang cenderung lebih mudah untuk dibersihkan. Penggunaan lemari dapur tanpa penutup juga akan membuat dapur terkesan lebih luas dan airy.

6. Kamar mandi nyaman dengan shower

Sumber: maax.com

Walaupun tata letak kamar mandi biasanya berada di belakang rumah atau tersembunyi, bukan berarti kamu bisa mengabaikan desain kamar mandi. Buat dulu rencana, kamar mandi seperti apa yang ingin kamu buat, apakah itu kamar mandi basah atau kamar mandi kering. Nah, untuk kamar mandi sempit di rumah tipe 36, sebaiknya kamu menggunakan shower dibandingkan bathtub. Menggunakan bathtub bisa memakan banyak tempat di kamar mandi dan membuatmu sulit serta kurang nyaman saat menggunakannya.

7. Gunakan warna monokrom

Sumber: idealhome.co.uk

Salah satu hal yang ampuh menghidupkan interior rumah tipe 36 adalah dengan menentukan bagaimana warna interior rumah. Luas rumah tipe 36 yang cenderung sempit bisa kamu akali dengan menggunakan warna-warna monokrom. Warna-warna monokrom ini bisa membuat rumah terasa lebih luas. Warna monokrom ini juga bisa kamu aplikasikan pada kursi atau sofa yang kamu miliki. Untuk menampilkan kesan yang lebih elegan, kamu juga bisa bermain-main dengan warna-warna gelap.

Interior rumah tipe 36 yang luasnya terbatas memang bisa membuat penghuni agak susah bergerak. Agar kamu bisa lebih nyaman, jangan memperparah kondisi dengan menempatkan banyak barang atau furniture serta dekorasi yang sifatnya kurang fungsional. Setelah melihat desain di atas, apakah kamu sudah mengetahui akan mendesain rumah impianmu seperti apa? Yuk mulai berkreasi dan jangan jadikan rumah berukuran kecil sebagai halangan ya.

Artikel Lainnya: Layout Rumah untuk Pasangan Muda agar Semakin Harmonis