7 Desain Dapur Outdoor untuk Aktivitas Memasak Lebih Nyaman

Furniterus - Mau menggelar pesat kebun atau BBQ di halaman rumah? Salah satu kegiatan yang paling ditunggu saat waktu kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman adalah pesta BBQ di luar ruangan. Selain untuk mengadakan pesta, dapur outdoor juga bisa membuat aktivitas memasak menjadi lebih menyenangkan karena kamu bisa melihat pemandangan secara lebih luas. Selain itu, sirkulasi udara pun bisa lebih baik karena aroma masakan tidak terkurung di dalam ruangan. Namun, untuk membuat dapur outdoor kamu perlu memperhatikan desain dengan baik karena bisa mempengaruhi tampilan halaman secara keseluruhan. Nah agar tidak salah memilih, lihat dulu beberapa inspirasinya berikut ini.

1. Serba hitam

dapur outdoor
Serba hitam (Sumber: homeinspirationideas.net)

Ingin membuat dapur dengan tampilan yang elegan? Dapur yang dibalut dengan dominasi warna hitam bisa memberikan tampilan yang elegan pada halaman rumahmu. Untuk membuat tampilan dapur lebih hidup, kombinasikan warna hitam dengan unsur kayu atau tanaman di beberapa sudutnya. Tambahkan pula pencahayaan dari lampu berwarna kuning yang akan menambah kenyamanan di dapur ini.

2. Dapur mediterania

dapur outdoor
Mediteranian (Sumber: hgtv.com)

Salah satu gaya dapur outdoor yang paling sering digunakan adalah gaya mediterania. Desain ini sangat kental dengan unsur alam dengan penggunaan bebatuan. Selain itu, gaya ini juga tercermin dalam desain yang menampilkan suasana santai, namun didominasi oleh perabotan ala pedesaan. Tekstur yang khas juga terlihat pada bagian dinding dan lantainya. Untuk dapur outdoor, kamu bisa menggunakan backsplash yang dibuat dari batu alam. Gunakan kitchen island dengan warna-warna natural yang khas dengan alam.

3. Dapur ala pedesaan

dapur outdoor
Pedesaan (Sumber: hgtv.com)

Suka memasak dengan menggunakan unsur alami seperti kayu bakar? Mungkin kamu cocok mengaplikasikan dapur ala pedesaan seperti yang satu ini. Memasak dengan kayu bakar memang akan mengeluarkan aroma dan rasa masakan yang lebih nikmat. Hal ini juga tercemin pada material yang digunakan untuk membangun dapur ini yang didominasi oleh kayu. Alat pemanggang yang digunakan pun masih tradisional, yaitu menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu. Kamu juga bisa menambahkan meja makan kayu untuk menambah kesan dapur ala pedesaan yang khas.

4. Modern minimalis

dapur outdoor
Modern minimalis (Sumber: pinterest.com)

Berbeda dengan dapur sebelumnya yang terkesan tradisional, dapur yang satu ini bergaya modern minimalis dengan tema monokrom. Dapur bertema monokrom akan membuat tampilannya terkesan lebih bersih dan mewah lho. Pemilihan desain dapur yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki rumah dengan desain minimalis atau modern.

5. Dapur dengan atap

dapur outdoor
Dapur dengan atap (Sumber: brownjordanoutdoorkitchens.com)

Desain yang satu ini bisa dikatakan sebagai dapur semi outdoor karena menggunakan atap sebagai penutupnya. Keunggulan dari desain ini adalah kamu bisa memasak dan menikmati makanan tanpa takut kepanasan, serta tetap bisa melanjutkan aktivitas makan saat hujan. Namun, suasana alami dan segar tetap bisa kamu dapatkan dari hembusan angin sepoi-sepoi. Sangat nyaman bukan untuk digunakan sambil menikmati cemilan di sore hari, atau bahkan acara makan-makan di malam hari.

6. Dapur bertema abu-abu

dapur outdoor
Abu-abu (Sumber: renoguide.com)

Ingin memberikan tampilan minimalis tetapi tidak ingin terlalu monoton dengan menggunakan warna putih? Pilihan warna abu-abu pada dapur juga bisa memberikan kesan yang modern minimalis, namun tidak monoton. Warna abu-abu juga tampil elegan saat dipadukan dengan unsur natural dari pepohonan di sekitarnya lho.

7. Dapur outdoor ala kafe

dapur outdoor
Ala kafe (Sumber: houzz.com)

Dapur yang satu ini memiliki nuansa seperti kafe terkenal lho. Bagian utama dapur tetap berada di dalam rumah,  namun dapur ini dilengkapi dengan jendela besar yang menghubungkan dapur dengan meja yang dipasang di luar jendela. Kamu pun hanya perlu meletakkan beberapa kursi bar dan sudah bisa mendapatkan setting dapur yang cantik. Desain dapur seperti ini cukup efisien karena tidak membutuhkan banyak ruang. Aktivitas memasak pun bisa lebih nyaman dilakukan di dalam rumah. Kamu bisa sesekali menikmati makanan dengan nuansa luar ruangan yang sejuk saat diinginkan.

Artikel Lainnya: 7 Tipe Dapur yang Wajib Kamu Tahu

Masih ragu atau sudah semakin yakin akan membuat dapur outdoor di dalam rumah? Selain desain, material dapur dan juga penataannya perlu diperhatikan dengan baik agar proses memasak tidak terganggu dan material dapur dapat bertahan lama.

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Kitchen Set Custom: Seberapa Signifikan Manfaatnya?

7 Cara Membuat Ruang Keluarga Nyaman untuk Berkumpul Bersama Keluarga

Keramik Dinding Minimalis untuk Backsplash Kitchen Set

8 Gambar Wallpaper Kekinian yang Cocok untuk Ruangan Sempit

4 Inspirasi Lampu LED untuk Desain Lemari Masa Kini dan Manfaatnya

Baru Belajar Masak? Kenali 8 Alat Masak yang Wajib Kamu Miliki ini!

Bagaimana Tren Model Rumah Minimalis 2019?

Dekorasi Apartemen dan Rumah, Apa Sih Bedanya?

Desain Ruangan Minimalis untuk Apartemen Kaum Urban

7 Desain Kamar Mandi Modern yang Nyaman untuk Relaksasi

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !