7 Cara Mudah Menata Ruang Tamu Idaman

Sebagai ruang terdepan pada rumah, ruang tamu akan memberikan kesan pertama terhadap keseluruhan rumah. Jika ruang tamu saja tidak ditata dengan baik, maka keseluruhan rumah bisa saja dianggap tidak tertata dengan baik pula. So, penataan ruang tamu di hunian kamu harus diperhatikan dengan baik. Sayangnya, masih banyak nih yang belum memahami bagaimana cara menata ruang tamu yang baik, terutama untuk ruang tamu dengan luas yang terbatas. Mau tahu trik paling pas dalam mengatur ruang tamu? Yuk, disimak!

1. Mulailah dengan memperhatikan furniture wajib

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan kebutuhan serta pemilihan dari furniture ruang tamu. Ruang tamu di setiap rumah tidak selalu punya kebutuhan furniture yang sama, lho. Furniture ini tergantung pada gaya hidup dari pemilik rumah. Bila kamu orang yang suka bersosialisasi atau bekerja dari rumah, mungkin intensitas tamu yang akan datang dan menggunakan ruang tamu akan lebih banyak dan sering. Berbeda lagi dengan kamu yang lebih banyak menghabiskan waktu di luar.

Sumber: beres.id

Namun tetap ada furniture yang wajib ada di ruang tamu, yaitu kursi tamu atau sofa. Kehadiran keduanya adalah perabotan wajib yang harus ada. Jika kamu sering menerima tamu, maka kehadiran sofa dengan bantalan yang nyaman lebih tepat digunakan. Namun, jika ruang tamu jarang digunakan maka kursi minimalis sudah cukup.

2. Coffee table

Sumber: westelm.co.uk

Tak lengkap rasanya jika di ruang tamu tidak ada coffee table. Kehadiran coffee table atau meja kecil di ruang tamu akan mempermudah kamu saat menyajikan minuman atau cemilan kepada tamu yang datang. Selain itu, meja ini juga berfungsi untuk meletakkan beberapa dekorasi seperti tanaman, kotak tissue, atau yang lainnya. Jika ruang tamu kamu tidak terlalu besar, kamu bisa mengganti coffee table ini dengan side table yang berukuran lebih kecil.

3. Lengkapi dengan tempat penyimpanan

Sumber: homestratosphere.com

Jangan lupa untuk juga menambahkan furniture yang akan berfungsi sebagai tempat penyimpanan, seperti lemari kecil. Untuk ruang tamu dengan lahan terbatas, kamu bisa menghadirkan beberapa furniture yang memiliki fungsi tambahan seperti tempat penyimpanan, seperti meja dengan laci, sofa yang memiliki laci, dan sebagainya. Storage akan memudahkan kamu untuk merapikan ruang tamu sekaligus untuk menyimpan barang-barang keperluan lainnya.

4. Pilih warna cat yang natural

http://furniterus.com/wp-content/uploads/2019/09/1529517787298-400×268.jpeg

Sumber: hgtv.com

Salah satu trik yang selalu sukses untuk memberikan tampilan menarik dan nyaman pada ruang tamu adalah dengan penggunaan palet warna yang netral dan kalem. Pemilihan warna dan juga pemilihan dekorasi akan sangat menentukan aura ruangan hingga mood kamu sebagai pemilih rumah. Untuk ruang tamu, sebaiknya pilih warna-warna yang cerah seperti putih, krem, atau abu muda pada dinding, lantai serta furniture utama.

Warna-warna yang cerah mampu memantulkan cahaya hingga membuat ruang tamu terlihat lebih lapang. Tak hanya itu, warna-warna netral akan membuat ruang tamu terlihat lebih elegan dan nyaman.

Artikel Lainnya: Dekorasi Ruang Tamu yang Nyaman untuk Apartemenmu

5. Material lantai yang nyaman

Sumber: homedepot.com

Untuk menata ruang tamu yang ideal maka kamu perlu memberikan material lantai yang nyaman. Kamu bisa menggunakan material lantai yang hangat dan tidak terlalu keras. Pilihan umum yang bisa kamu gunakan antara lain seperti parket atau vynil. Jika ingin memberikan tampilan mewah, kamu juga bisa menggunakan marmer. Agar ruang tamu lebih nyaman lagi, tambahkan juga karpet agar ruangan tetap hangat.

6. Hidupkan suasana dengan pencahayaan yang tepat

Sumber: meethue.com

Apa jadinya jika ruang tamu kurang pencahayaan? Pasti tamu yang datang pun tidak akan merasa betah berlama-lama di hunian kamu. Pencahayaan tak hanya akan mempermudah aktivitas, tetapi juga akan menghidupkan suasana di ruang tamu. Pilih pencahayaan yang paling sesuai dengan mood yang ingin diciptakan pada ruang tamu.

Pencahayaan temaram lebih nyaman digunakan untuk bercengkerama bersama orang-orang terdekat, sedangkan pencahayaan lampu terang berwarna putih akan lebih cocok digunakan untuk berdiskusi atau membaca buku.

7. Usahakan ruang tamu tetap bersih dan rapi

Sumber: mydomaine.com

Saat mendesain, usahakan agar tatanan ruang tamu dapat mudah dibersihkan dan dirapikan tiap saat. Jika tidak didesain dengan baik, bisa-bisa ruang tamu terlihat berantakan dan tidak enak dilihat.

So, sudah nggak bingung lagi kan menata ruang tamu kamu?

Artikel Lainnya: 5 Tips Memilih Lampu Hias untuk Ruang Tamu Kamu