Kamar Mandi Terasa Sumpek? Terapkan 7 Cara Menata Kamar Mandi Kecil Ini

Bingung punya kamar mandi kecil? Nggak tahu harus menatanya seperti apa? Seringkali, ukuran kamar mandi yang terbatas menjadi hambatan untuk membuatnya terlihat cantik. Padahal, dengan trik sederhana menata kamar mandi kecil, kamu bisa lho mendapatkan kamar mandi yang elegan sekaligus nyaman untuk ditempati. Apalagi saat ini kamar mandi kerap menjadi tempat untuk seseorang menenangkan diri setelah lelah beraktivitas di luar seharian. Untuk itu, kamar mandi harus didesain dengan nyaman, bersih, dan juga menenangkan bagi pemiliknya. Mau tahu cara menata kamar mandi kecil yang pas? Check these out!

1. Kubikel kamar mandi

kamar mandi kecil
Kubikel kamar mandi (Sumber: idealhome.co.uk)

Trik pertama untuk membuat kamar mandi kecil tetap terlihat cantik adalah dengan menggunakan kubikel atau bilik kamar mandi. Dengan menggunakan kubikel ini, kamu pun dapat lebih mudah dalam melakukan perawatan kamar mandi karena area basah sudah terpisah dengan partisi yang digunakan. Kubikel ini juga bisa membuat penataan kamar mandi menjadi lebih mudah. Tempatkan wastafel dan toilet kamar mandi di area kering untuk ruang gerak yang lebih maksimal. Tambahkan juga pelengkap lainnya seperti gantungan handuk dan baju, serta cermin kamar mandi.

2. Warna monokrom

kamar mandi kecil
Kamar mandi monokrom (Sumber: thewowdecor.com)

Terlalu banyak aksen atau penggunaan warna pada kamar mandi dapat membuat kamar mandi terlihat lebih sempit. Nah untuk membuat tampilannya lebih simpel, kamu bisa menggunakan warna monokrom untuk membuat tampilan kamar mandi lebih luas. Misalnya, kamu bisa menggunakan dinding putih dengan lantai hitam untuk membuat kamar mandi terlihat lebih menarik dan nggak monoton. Agar tampilannya lebih selaras, gunakan juga warna monokrom untuk pelengkap lainnya, seperti pada tempat sabun, wastafel, dan sebagainya.

3. Manfaatkan ruang dan dinding dengan maksimal

kamar mandi kecil
Ruang penyimpanan (Sumber: youtube.com)

Hindari penambahan berbagai dekorasi ruangan yang tidak dibutuhkan, karena akan membuat kamar mandi kamu terlihat semakin sempit. Sebagai gantinya, manfaatkan semua tempat yang ada secara lebih optimal. Misalnya, kamu bisa menggunakan tempat di bawah wastafel untuk tempat menyimpan handuk bersih, cadangan sabun, tisu, dan sebagainya.

Jadikan kamar mandi terasa lebih luas dengan menggunakan dinding untuk menyimpan berbagai peralatan yang dibutuhkan. Kamu bisa menyimpan alat cukur, sikat gigi, pembersih wajah, sabun cuci tangan, dan lainnya di bagian dinding kamar mandi dengan menggunakan rak minimalis.

4. Pintu geser

kamar mandi kecil
Pintu geser (Sumber: pinterest.com)

Jenis pintu yang kamu gunakan juga bisa mengubah kamar mandi sempit menjadi lebih luas lho. Triknya, kamu bisa mengganti pintu kamar mandi yang dibuka secara langsung dengan pintu geser seperti yang digunakan pada rumah tradisional masyarakat Jepang. Pintu geser ini tidak akan membutuhkan ruang lebih saat dibuka dan tentunya akan menghemat ruang menjadi jauh lebih efektif. Menarik kan?

5. Pilih ukuran yang lebih kecil

kamar mandi kecil
Pilih ukuran yang lebih kecil (Sumber: idealhome.co.uk)

Ruangan yang sudah sempit tentu akan terasa semakin penuh jika kamu menggunakan ukuran toilet, bak mandi, atau bath tub yang besar. Ukuran yang terlalu besar akan memakan banyak tempat dan membuat kamar mandi tidak nyaman digunakan. Kamu bisa menggunakan ukuran yang lebih kecil atau memilih yang berbentuk oval. Jangan memilih perlengkapan kamar mandi yang berbentuk bulat atau kotak karena akan membuat ruangan terasa lebih sempit. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih mudah dalam mengatasi masalah ruang yang terbatas.

6. Gunakan shower

kamar mandi kecil
Gunakan shower (Sumber: pinterest.com)

Suka berlama-lama berendam di bath tub? Penggunaan bath tub di kamar mandi akan membuat ruangan semakin sempit dan tidak nyaman. Ruang gerak kamu di kamar mandi pun menjadi semakin terbatas karena kehadiran bath tub. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan shower dengan pembatas kaca bening untuk memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Namun apabila kamu tetap ingin menggunakan bath tub, sebaiknya gunakan bath tub dengan dinding yang rendah dan dasar yang datar agar tetap terlihat ramping dan minimalis.

Artikel Lainnya: Desain Kamar Mandi Minimalis untuk Apartemen

7. Tanaman hias

kamar mandi kecil
Tambahkan tanaman (Sumber: pinterest.com)

Sentuhan terakhir yang bisa membuat kamar mandi kecil terasa lebih segar dan nyaman adalah dengan menambahkan tanaman hias. Meletakkan tanaman hias di kamar mandi akan memberikan sentuhan hijau dari alam. Kehadiran tanaman akan membuat udara di kamar mandi terasa lebih segar lho. Pilih tanaman dengan perawatan yang mudah dan dapat bertahan di area indoor seperti tanaman sukulen.

Mudah kan? Yuk, coba beberapa tips menata kamar mandi kecil di atas untuk membuat kamar mandi kamu lebih nyaman digunakan.

Artikel Lainnya

12 Perlengkapan Dapur Wajib Untuk Apartemenmu

Perhatikan! Ini 7 Cara Perawatan AC agar Dapat Digunakan Lebih Awet di Apartemen

Tips Menarik Buat Kamu Penyuka Gorden Minimalis

6 Cara Merawat Wallpaper agar Kecantikannya Tetap Terjaga

7 Tips Desain Interior Rumah Minimalis yang Tak Lekang oleh Waktu

5 Cara Memilih Keramik Sesuai Kebutuhan dan Fungsi Ruangan

7 Cara Mudah Menata Ruang Tamu Idaman

Yuk, Intip 5 Dekorasi Kamar Studio yang Cocok untuk Milenial di Perkotaan

7 Cara Mudah Merawat Lantai Kayu

Tips Mendesain Ukuran Kitchen Set untuk Mempermudah Aktivitasmu di Dapur

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !