7 Cara Membuat Ruang Keluarga Nyaman untuk Berkumpul Bersama Keluarga

Ruang keluarga merupakan jantung dari rumah yang kerap menjadi pusat aktivitas seluruh anggota keluarga. Ruang ini bisa menjadi ruang bersantai sekaligus tempat bercengkerama dengan pasangan, anak-anak dan orang tua. Seluruh kegiatan berkualitas anggota keluarga akan terasa semakin lengkap jika ruang keluarga didesain dengan nyaman. Tak harus luas, ruang keluarga nyaman dengan luas terbatas juga bisa kamu ciptakan dengan beberapa cara sederhana. Mau tahu bagaimana caranya membuat dekorasi ruang keluarga yang sederhana dan nyaman? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

1. Pilih ukuran furnitur sesuai luas ruangan

ruang keluarga nyaman
Furnitur sesuai luas ruangan (Sumber: unsplash.com)

Sesuaikan pemilihan dan penataan furnitur dengan luas ruangan. Sebaiknya sebelum kamu membeli furnitur, ukur terlebih dahulu tiap bagian dan sudut ruangan. Sesuaikan furnitur yang dipilih dengan besar ruangan. Kemudian sesuaikan tema furnitur dengan desain ruangan. Bila kamu memiliki ruang keluarga dengan luas terbatas, sebaiknya pilih furnitur dengan model yang simpel, polos, dan tanpa motif. Jangan terlalu banyak memasukkan furnitur yang tidak perlu. Pilih furnitur yang nyaman dan dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga.

2. Sofa empuk

ruang keluarga nyaman
Sofa empuk dengan cushion (Sumber: elledecor.com)

Ruang keluarga sering menjadi tempat untuk menonton TV bersama. Kegiatan menonton TV bersama keluarga ini pastinya tidak afdol tanpa kehadiran sofa empuk yang dilengkapi juga dengan cushion atau bantal-bantal yang nyaman. Tambahkan banyak cushion untuk menemani acara nonton bareng kamu bersama keluarga. Dijamin kamu dan keluarga pun bisa menghabiskan lebih banyak waktu di ruang keluarga.

3. Desain coffee table kekinian

ruang keluarga nyaman
Coffee table dengan desain kekinian (Sumber: unsplash.com)

Saat ini ada banyak sekali macam desain coffee table kekinian yang unik dan bisa menjadi focal point ruangan. Pilih coffee table yang tidak terlalu tinggi di bagian tengah sebagai meja utama yang dikelilingi oleh kursi atau sofa ruangan.

4. Esktra nyaman dengan karpet

ruang keluarga nyaman
Nyaman dengan karpet (Sumber: thezoereport.com)

Untuk membuat ruangan ekstra nyaman dan terlihat lebih luas, biarkan lantai terlihat jelas. Jangan penuhi lantai ruangan dengan furnitur. Tambahkan karpet dengan bulu-bulu yang lembut agar aktivitas kamu dan keluarga bisa semakin nyaman di lantai. Karpet juga menjadi barang wajib untuk duduk bersantai dan bermain bersama anak.

Gunakan karpet lebar untuk memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Penggunaan karpet yang lebar, tebal, dan empuk sangat ampuh dalam menghadirkan kenyamanan dan kehangatan di ruang keluarga yang sempit. Sementara corak karpet dapat kamu sesuaikan dengan nuansa interior yang ingin diciptakan di dalam rumah.

5. Gunakan warna cerah

ruang keluarga nyaman
Warna cerah (Sumber: freshome.com)

Warna cerah dan natural seperti pastel akan memberikan efek menenangkan apalagi jika diterapkan pada ruang keluarga. Selain itu, penggunaan warna putih atau warna pucat lainnya juga mampu membuat ruangan yang sempit menjadi lebih lapang. Warna-warna ini dapat menciptakan efek ruangan terasa lebih terang dan luas. Tak hanya pada dinding, warna natural ini juga bisa diterapkan pada karpet, sofa, tirai, dan furnitur lainnya.

Agar lebih aman, gunakan material yang bisa melindungi furnitur kamu dari noda. Misalnya dengan menggunakan cat anti noda atau karpet berbahan plastik sintetis yang mudah dibersihkan.

Artikel Lainnya: Cara Menciptakan Desain Ruang Keluarga Penuh Kehangatan

6. Perhatikan sirkulasi udara dan pencahayaan

ruang keluarga nyaman
Pentingnya sirkulasi udara dan pencahayaan (Sumber: roomstogo.com)

Jangan pernah abaikan sirkulasi udara, sebab sirkulasi udara yang baik akan membuat ruangan menjadi lebih sehat dan terhindar dari lembap. Buatlah bukaan atau jendela yang cukup besar agar cahaya dan udara bisa lebih leluasa masuk ke dalam ruangan. Jika memungkinkan, akan lebih baik jika kamu menempatkan ruang keluarga berhadapan dengan taman. Selain itu, pencahayaan buatan juga penting untuk menciptakan suasana nyaman dan hangat di malam hari. Untuk ruang keluarga, sebaiknya pilih lighting menggunakan dimmer yang dapat diatur tingkat gelap terangnya sesuai dengan kebutuhan.

7. Lemari penyimpanan sederhana

ruang keluarga nyaman
Lemari penyimpanan (Sumber: pinterest.it)

Punya banyak koleksi buku atau mainan anak-anak? Untuk itu, kamu membutuhkan lemari penyimpanan dengan desain yang sederhana namun tetap stylish. Tempat penyimpanan vertikal bisa menjadi solusi untuk meletakkan berbagai koleksi kamu di ruang keluarga yang mungil. Kamu juga bisa menggunakan model lemari terbuka untuk menyimpan buku sekaligus beberapa hiasan atau dekorasi di ruang keluarga. Tempat penyimpanan ini juga bisa berfungsi sebagai dekorasi untuk memajang beberapa tanaman hias hijau, koleksi film, buku, dan sebagainya.

Tertarik untuk menerapkan beberapa tips di atas?

Artikel Lainnya

Gorden Terbaru untuk Tampilan Interior Kekinian yang Menawan

Tips Memilih Karpet Lantai untuk Ruangan Minimalis

Rumah Anti Rayap dengan 8 Cara Alami Ini

Desain Pagar Minimalis Kekinian yang Simpel dan Elegan

7 Cara Mudah Merapikan Lemari Pakaian agar Enak Dilihat

Desain Interior Apartemen yang Homey Banget

Bagaimana Tren Model Rumah Minimalis 2019?

Desain Kamar Anak Penuh Petualangan yang Memotivasi Kreativitas

Keramik Granit, Si Bahan Ambigu yang Memukau dan Terjangkau

9 Desain Kamar Apartemen Studio Terpopuler di 2018

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !