Kerja Lebih Produktif dengan 6 Trik Menata Ruang Kerja Mini

Furniterus -

Sering bekerja di rumah? Agar lebih produktif dan bisa selalu fokus, maka kamu membutuhkan ruang kerja yang fungsional sekaligus stylish dan nyaman untuk digunakan. Namun biasanya, ruang kerja di sebuah rumah tidak memiliki ruang yang cukup luas dan hanya mengambil salah satu sudut ruangan. Tak perlu bingung, kamu juga bisa kok mendapatkan ruang kerja yang nyaman di ruangan yang terbatas. Mau tahu cara menata ruang kerja mini agar bisa nyaman dan membuat kamu betah berlama-lama? Yuk, simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Ruang kerja menghadap jendela

ruang kerja mini
Ruang kerja di dekat jendela (Sumber: theleadershipmovement.com.au)

Nggak punya ruang lebih di rumah untuk membuat ruang kerja? Manfaatkan aja ruang kosong di bawah jendela sebagai ruang kerja mini. Dengan cara ini, kamu pun bisa lebih menikmati pemandangan yang menyegarkan mata setiap saat agar tidak terlalu bosan saat bekerja lho. Kamu juga bisa menghemat pemakaian listrik di pagi dan siang hari karena kamu bisa mendapatkan akses cahaya matahari untuk masuk dan menerangi area kerja.

Namun, kamu perlu memperhatikan arah datangnya matahari. Hindari meletakkan meja kerja berhadapan langsung dengan arah datangnya sinar matahari karena akan membuat mata tidak nyaman saat bekerja.

2. Ruang kerja monokrom

ruang kerja mini
Ruang kerja monokrom (Sumber: pinterest.com)

Untuk ruang kerja dengan ukuran ruang yang terbatas, sebaiknya gunakan warna-warna natural atau monokrom. Biasanya, ruang kerja dengan tema monokrom ini diisi dengan warna hitam, putih, dan abu-abu. Kamu bisa menggunakan cat warna putih, kursi hitam, meja putih, atau berbagai hiasan bertema monokrom lainnya. Untuk memberikan sedikit aksen pada ruangan, kamu juga bisa menambahkan bantal dengan sarung berwarna-warni, atau aksesoris dengan warna yang sedikit cerah.

3. Ruang kerja di loteng

ruang kerja mini
Ruang kerja di loteng (Sumber: stevenwardhair.com)

Punya area loteng kosong di rumah? Kamu bisa lho menyulapnya menjadi ruang kerja. Area loteng dengan ceiling yang rendah tak akan menjadi masalah untuk dijadikan sebagai area kerja karena kebanyakan aktivitas kerja dilakukan duduk di kursi. Agar lebih nyaman dan tidak terkesan sumpek, gunakan warna cerah seperti ruang kerja serba putih untuk membuat loteng lebih terang.

Untuk pencahayaan dan sirkulasi udara, tambahkan jendela atau skylight pada ruang kerja di loteng. Bukaan dari jendela sangat berguna sebagai pencahayaan alami dan membuat loteng tidak lembap atau gelap. Tambahkan juga lampu pada meja kerja dan standing lamp untuk pencahayaan di malam hari.

4. Ruang kerja bawah tangga

ruang kerja mini
Ruang kerja di bawah tangga (Sumber: realliving.com.ph)

Biasanya area kosong di bawah tangga digunakan sebagai gudang atau lemari penyimpanan. Nah kamu bisa lho memanfaatkan area ini sebagai ruang kerja sederhana. Area bawah tangga memiliki ukuran yang cukup luas untuk dijadikan sebagai ruang kerja. Cukup dengan menambahkan meja kerja, kursi, dan rak penyimpanan, kamu sudah bisa mendapatkan ruang kerja yang nyaman dan fungsional di bawah tangga.

Artikel Lainnya: 8 Desain Kabinet Bawah Tangga untuk Pemanfaatan Ruang yang Efisien

5. Gunakan elemen natural

ruang kerja mini
Natural dengan tanaman (Sumber: thespruce.com)

Kehadiran elemen natural seperti kayu dan tanaman dapat mengurangi tingkat stres kamu saat bekerja lho. Nah coba deh masukkan elemen natural ini ke dalam desain ruang kerja agar kamu bisa lebih fresh dan tidak mudah stres. Gunakan furniture dengan warna atau tekstur kayu agar ruang kerja terasa lebih natural dan hangat. Permanis juga meja kerja dan ruang kerja dengan sedikit tanaman hias. Kehadiran tanaman juga bisa mengurangi polusi serta zat berbahaya lainnya di ruang kerja. Kamu pun bisa mendapatkan desain ruang kerja yang terasa nyaman, asri, hangat, dan tentunya akan mengurangi stres.

6. Tambahkan rak penyimpanan

ruang kerja mini
Rak penyimpanan (Sumber: thespruce.com)

Ruang kerja yang berantakan dengan banyak barang, pasti akan membuat kamu kurang fokus dan tidak nyaman selama bekerja. Untuk itu, kamu perlu membuat ruang kerja yang tertata rapi. Apalagi di ruang kerja sempit yang sangat mudah untuk terlihat berantakan karena kekurangan tempat penyimpanan. Kamu bisa menambahkan rak buku di sisi meja kerja untuk menyimpan berbagai keperluan seperti alat tulis, buku, gadget, kabel-kabel, atau hiasan lainnya. Kamu juga bisa menambahkan boks-boks dengan warna dan corak menyenangkan untuk menyimpan barang agar suasana ruang kerja lebih ceria.

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

7 Tipe Dapur yang Wajib Kamu Tahu

Lampu Gantung Kekinian yang Minimalis dan Modern

7 Tips Desain Ruang Tamu Mewah Tanpa Menguras Budget

Langkah Cepat Membasmi Kutu Kasur agar Tidur Lebih Nyenyak

7 Hiasan Dinding Kamar Sesuai dengan Kepribadianmu

4 Inspirasi Lampu LED untuk Desain Lemari Masa Kini dan Manfaatnya

Desain Rumah Bergaya Skandinavia, Solusi untuk Apartemen Kecil

Patut Ditiru! 6 Tren Desain Interior Dapur 2019

Prinsip Desain Interior dan Penerapannya Bagi Orang Awam

7 Model Plafon untuk Tiap Gaya Rumahmu

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !