Yuk, Nostalgia Saat Lebaran dengan 6 Tips Membuat Bingkai Foto Lebaran

Tak terasa, lebaran akhirnya kembali menyapa. Lebaran merupakan momen yang kerap digunakan orang untuk kembali pada kesucian. Tidak hanya jiwa, raga, dan keluarga, tetapi juga rumah atau apartemen sebagai tempat tinggal dan berkumpul di hari raya juga perlu diperhatikan. Agar rumah menjadi sedikit lebih cantik dan tampak berbeda saat lebaran, kamu bisa melakukan beberapa perubahan pada tatanan rumah. Salah satunya dengan kolase bingkai foto lebaran.

Kamu nggak perlu bingung lagi mengisi ruang kosong pada dinding di hari lebaran. Cobalah untuk mendekorasi dinding dengan bingkai foto. Percaya deh, susunan bingkai foto ini akan membuat tamu yang datang di hari lebaran terpaku melihatnya. Kamu pun bisa bernostalgia bersama dengan seluruh keluarga dari bingkai foto tersebut. Yuk, simak tips menata bingkai foto lebaran berikut.

1. Bingkai kotak

Sumber: marcroy.co.uk

Bingkai foto dengan tata letak kotak ini akan memberikan nuansa sederhana namun tetap terlihat menarik dan rapi di hari lebaran. Kamu pun tidak perlu repot-repot dalam mencari ide tata letak bingkai foto, karena bentuknya yang kotak akan memudahkan kamu untuk menatanya. Selain itu, bingkai kotak juga tidak membutuhkan banyak waktu untuk memasangnya. Kamu bisa memasang bingkai foto ini disepanjang ruang tamu atau ruang keluarga yang menjadi vocal point di rumah atau apartemen. Para tamu yang datang di hari lebaran pasti akan tertarik dan melihat-lihat foto yang kamu pasang.

2. Model galeri

Sumber: easthillbaptistchurch.org

Inspirasi model yang satu ini akan memberikan nuansa layaknya di galeri foto. Kamu bisa memajang sejumlah foto dengan ukuran yang berbeda dan tata letak berbeda di dalam satu lokasi. Cara ini mampu memberikan tampilan penuh dan menjadikan ruangan sebagai titik pusatnya. Kamu bisa meletakkan bingkai foto ini di ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar tidur. Tatalah foto-foto yang mempunyai kenangan bagi kamu, bisa itu foto saat kecil, foto dari lebaran tahun-tahun sebelumnya, dan sebagainya.

3. Bingkai mozaik

Sumber: threecolumnblogger.com

Inspirasi ini menggunakan susunan bingkai yang rapi berbentuk kotak, namun dengan pemilihan beberapa ukuran frame yang berbeda-beda. Kamu juga bisa melihat terdapat beberapa bingkai dengan ukuran berbeda dan tertata rapi membentuk susunan mozaik. Kamu tidak hanya bisa menempatkan foto keluarga di dalam bingkai ini, masukkan juga foto-foto lainnya seperti tumbuhan atau bunga dengan warna yang serasi untuk memberikan kesan tenang pada hunian di hari lebaran.

Artikel Lainnya: 6 Ide Bingkai Foto Cantik dan Unik untuk Dekorasi Kece Kamar Tidurmu

4. Bingkai rak buku

Sumber: thesouthern.com

Penataan model bingkai ini terinspirasi seperti rak buku yang memajang banyak buku, hanya saja ini diganti dengan bingkai foto. Kamu bisa menggunakan alas berupa papan kecil yang dipasang ke dinding dan di atasnya tempatkan beberapa pajangan bingkai foto. Pajangan ini bisa kamu letakkan untuk mempercantik ruang tamu atau ruang tamu. Tambahkan juga beberapa kata mutiara yang berkaitan dengan lebaran dan masukkan ke pajangan foto. Pastinya, suasana lebaran yang suci dan tenang akan lebih terasa.

5. Bingkai anak tangga

Sumber: gugurkan.com

Bagaimana kalau kamu tidak mempunyai banyak space untuk bingkai foto? Tenang saja, kolase bingkai foto juga bisa didesain pada dinding yang kurang besar seperti di bawah atau atas tangga. Kamu bisa memasang sejumlah bingkai foto ukuran apa saja, dan susun menyerupai anak tangga. Ide ini sangat pas dipajang di sekitar anak tangga yang memungkinkan orang untuk melihat deretan foto kenangan terpajang di sana. Kamu juga bisa memilih bingkai foto besar. Kemudian susun dan gantungkan foto-foto favoritmu dalam satu bingkai besar tadi.

6. Bingkai foto polaroid

Sumber: melodynguyen.dk

Psst, tidak selamanya kolase foto harus menggunakan bingkai atau frame. Kamu juga bisa nih kembali berkreasi dengan memberi border foto, tanpa perlu dibingkai. Foto polaroid memang sempat menjadi tren di tahun ’90-an dan kembali tren di beberapa tahun belakangan. Border foto ala polaroid dijamin akan mengajakmu bernostalgia dan mengingat kenangan saat foto tersebut diambil. Kamu juga bisa memberikan sedikit catatan pendek di bawah foto sebagai pengingat kejadian saat foto itu diambil. Foto-foto ini bisa menjadi kesempatan emas untuk kamu dan keluarga mengenang masa lalu yang indah di hari lebaran.

Artikel Lainnya: 5 Tips Memilih Bingkai Foto untuk Dekorasi Ruangan

Artikel Lainnya

Cara Menentukan Letak Kitchen Sink yang Tepat dan Cara Memilihnya

7 Ide Rak Dapur Minimalis untuk Dapur Kecil

Dekorasi Apartemen Pasangan Muda yang Cozy dan Homey

7 Cara Membuat Apartemen Sejuk Tanpa AC

5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Apartemen

Dekorasi Ruang Tamu yang Nyaman untuk Apartemenmu

Tips Memilih Karpet Lantai untuk Ruangan Minimalis

Lampu Tidur Kekinian agar Kamar Tidur Lebih Cantik

8 Desain Meja Makan sebagai Primadona di Ruang Makan

7 Siasat Kreatif Ciptakan Suasana Lega untuk Apartemen Minimalis

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !