6 Hiasan Kaligrafi Arab yang Dekoratif dan Menenangkan

Bagi kamu yang beragama Islam, pasti sudah tak asing lagi dengan istilah kaligrafi. Kaligrafi sendiri merupakan seni menulis indah yang biasanya diambil dari kutipan ayat-ayat dalam kitab suci Al-Quran, hadist Nabi, atau atsar (kata-kata mutiara). Hiasan kaligrafi pun sering digunakan sebagai aksen dekorasi pada bangunan. Dengan kata lain, kaligrafi Arab adalah bahasa yang diungkapkan dalam bentuk karya seni.

Walaupun lebih sering diaplikasikan pada bangunan-bangunan yang merepresentasikan kebudayaan Islam, seperti arsitektur masjid atau bangunan bersejarah, kaligrafi ternyata juga bisa kamu hadirkan pada rumah. Tak hanya bisa memberikan kesan spiritual pada rumah, kaligrafi juga bisa membuat interior terlihat lebih memikat. Berikut beberapa inspirasinya.

1. Kaligrafi dengan bingkai dinding

hiasan kaligrafi
Bingkai kaligrafi (Sumber: pinterest.com)

Bentuk hiasan yang satu ini paling sering dan mudah ditemukan pada berbagai hunian. Penggunaan bingkai yang indah bisa menambah kesan artistik dan pesona dari kaligrafi. Ada berbagai macam dan model dari kaligrafi dengan bingkai yang bisa kamu pilih. Mulai dari ukuran yang kecil hingga besar, atau tulisan yang panjang dan pendek. Untuk memberikan kesan mewah pada ruangan, kamu bisa memilih bingkai emas dengan tulisan kaligrafi emas. Tampilan ruangan yang dipasangi hiasan kaligrafi pun pasti akan terlihat semakin spesial.

2. Wall sticker kaligrafi

hiasan kaligrafi
Wall sticker (Sumber: digital-world-online.com)

Ingin memberikan hiasan pada dinding ruangan yang kosong? Kamu bisa menggunakan wall sticker atau stiker dinding dari kaligrafi Arab untuk memeriahkan tampilan dinding. Corak etnik dari kaligrafi Arab dapat menghangatkan atmosfer ruangan yang ditampilkan. Tak hanya pada ruangan shalat atau mushola, kamu juga bisa memasang wall sticker kaligrafi pada ruangan lain, seperti ruang tamu, ruang keluarga, hingga kamar tidur. Kamu pun tak perlu ragu untuk menciptakan perpaduan warna dari wall sticker bermotif kaligrafi. Kamu bisa menghadirkan warna kontras dengan memilih warna kaligrafi yang berbeda dengan warna ruangan.

3. Lukisan kaligrafi

hiasan kaligrafi
Lukisan kaligrafi (Sumber: pinterest.com)

Saat ini, sudah banyak sekali kreasi hiasan dari kaligrafi yang bisa kamu pilih untuk mempercantik tampilan ruangan. Kaligrafi tak hanya ditampilkan dalam bentuk aslinya saja, tetapi perkembangan seni modern juga memungkinkan kaligrafi hadir dalam bentuk yang lebih konseptual dan modern. Salah satu contohnya adalah karya seni atau lukisan kaligrafi. Hiasan yang satu ini juga bisa mernjadi dekorasi dinding yang artsy bagi kamu pencinta seni. Pasang hiasan ini pada dinding interior ruang tamu atau foyer rumah. Semua orang yang datang ke rumahmu pasti akan terkagum dengan keindahannya.

4. Kaligrafi pada furniture

hiasan kaligrafi
Furniture kaligrafi (Sumber: pinterest.com)

Perkembangan teknologi yang semakin pesar, membuat para desainer dan arsitek pun semakin bebas untuk berinovasi dalam membuat desain furniture yang menarik. Berbagai elemen desain yang unik dan tidak biasa dicoba untuk dituangkan dalam bentuk furniture yang dibuat, termasuk kaligrafi Arab. Kamu bisa lihat kan, furniture dengan kaligrafi Arab ini terlihat mewah, menawan, sekaligus unik pada waktu yang bersamaan. Saat menggunakannya, ruangan pun akan terkesan lebih modern namun tetap dengan sentuhan etnik yang menggoda. Ukiran kaligrafi ini akan tampil mencolok untuk menghidupkan suasana ruangan.

Psst, karena mengandung tulisan Arab atau ayat-ayat suci dari Al-Quran, sebaiknya jangan letakkan furniture kaligrafi di tempat yang mudah terinjak ya.

5. Cermin kaligrafi

hiasan kaligrafi
Cermin kaligrafi (Sumber: pinterest.com)

Kamu juga bisa lho menghadirkan kaligrafi sebagai focal point yang bermanfaat pada ruangan, seperti memilih cermin dengan ukiran kaligrafi Arab. Cermin dengan ukiran kaligrafi ini pun dapat sekaligus menjadi focal point ruangan yang menarik dan berbeda lho. Kamu bisa menempatkannya di dekat pintu masuk rumah dengan menambahkan meja dan beberapa hiasan display. Area ini pun bisa menjadi sudut yang akan mengisi kekosongan di dalam ruangan.

6. Print kaligrafi

hiasan kaligrafi
Mural kaligrafi (Sumber: pictorem.com)

Mau menjadikan dinding ruangan kamu full dengan tulisan kaligrafi? Kamu bisa lho membuat print atau wallpaper kaligrafi dengan desain dan corak menarik seperti yang satu ini. Hiasan dinding yang satu ini cocok banget untuk kamu tempatkan di kamar tidur. Dijamin suasana kamar pun akan terkesan lebih syahdu dan sejuk.

Artikel Lainnya: 9 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sempit agar Terasa lebih Luas

Sudah menentukan ingin memilih hiasan kaligrafi seperti apa untuk rumahmu? Selain di ruang ibadah, hiasan ini pun cocok ditempatkan pada berbagai sudut ruangan lainnya lho.

Artikel Lainnya

7 Desain Kamar Mandi Minimalis yang Kekinian dan Menenangkan

Kerja Lebih Produktif dengan 6 Trik Menata Ruang Kerja Mini

Lampu Tidur Kekinian agar Kamar Tidur Lebih Cantik

Desain Teras Rumah Mungil yang Nyaman dan Menawan

Desain Kursi Tamu Menawan yang Bikin Hati Tamu Tertawan

Lemari Gantung Dapur Kekinian yang Simpel dan Keren

Jangan Salah! Ini Cara Memilih Warna Lampu Rumah yang Tepat

Rumah Sederhana Minimalis yang Lega dan Nyaman

Rumah Sederhana atau Apartemen? Temukan Plus-Minusnya di Sini!

7 Desain Sofa Minimalis yang Membuat Tampilan Hunian Semakin Kece

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !