6 Desain Kitchen Set Bawah Tangga yang Sangat Efisien

FURNITERUS.com – Semakin terbatasnya lahan perumahan membuat orang harus berpikir lebih cerdik dalam memilih desain interior hunian, termasuk untuk dapur. Dapur biasanya diletakkan di bagian belakang rumah dan kurang diperhatikan desainnya. Padahal demi kegiatan memasak yang nyaman dan efektif, desain dapur harus diperhatikan dengan baik. Nah adalah satu ruang yang kerap dibiarkan kosong karena lokasinya yang tergolong sempit. Ya, ruang di bawah tangga biasanya tidak digunakan sebagai ruang apapun atau hanya dimanfaatkan sebagai gudang. Padahal area ini bisa digunakan sebagai kitchen set bawah tangga, lho. Tertarik? Yuk, simak beberapa inspirasinya berikut ini.

1. Kitchen set serba putih

Kitchen set bawah tangga serba putih
Kitchen set bawah tangga serba putih (Sumber: decorpad.com)

Untuk kesan yang lebih bersih dan lapang, Anda bisa menggunakan desain kitchen set serba putih. Agar dapat memaksimalkan fungsi ruang yang ada, kabinet yang ada pada bagian atas dapur dibiarkan bervariasi ukurannya mengikuti bentuk anak tangga. Menggunakan warna putih yang serasi dengan keseluruhan rumah akan membuat kitchen set ini terlihat lebih luas dan bersih.

2. Kitchen set kayu

Kitchen set kayu
Kitchen set kayu (Sumber: pinterest.com)

Mau memberikan suasana yang lebih hangat? Anda bisa mencoba menggunakan desain kitchen set yang didominasi oleh material kayu seperti yang satu ini. Kayu dipercaya memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih lama dibandingkan dengan material lainnya. Tampilannya yang natural pun akan membuat rumah terasa lebih hangat dan nyaman. Anda bisa memilih kitchen set yang tertutup atau terbuka sesuai dengan keinginan.

3. Kitchen set ala Skandinavia

Kitchen set ala Skandinavia
Kitchen set ala Skandinavia (Sumber: pinterest.com)

Bagi Anda yang suka dengan desain minimalis, desain interior ala Skandinavia ini patut Anda contoh. Skandinavian identik dengan penataan ruang yang minimalis serba putih dan menggunakan unsur alami seperti kayu atau tanaman. Dengan menerapkan desain ini, dapur pun akan terlihat lebih luas dari biasanya, lho. Tak hanya itu, pemilihan furnitur yang fungsional juga menjadikan dapur dapat digunakan secara lebih maksimal. Desain Skandinavia juga minim dekorasi dan hanya meletakkan barang yang benar-benar dibutuhkan. Dengan begitu, dapur pun akan terlihat bersih, rapi, dan jauh dari kesan sempit.

4. Kitchen set modern

Modern
Modern (Sumber: youtube.com)

Mau tampilan yang lebih modern? Silahkan coba menggunakan desain kitchen set modern yang satu ini. Dengan menggunakan material solid surface pada bagian permukaan meja, area dapur ini terlihat lebih modern dan timeless. Tak ketinggalan, dapur juga dilengkapi dengan lemari kecil dan rak terbuka dari material stainless untuk meletakkan berbagai keperluan memasak. Rak terbuka juga dapat digunakan untuk menyimpan berbagai dekorasi, seperti buku memasak atau tanaman hias.

Untuk menambah kesan modern, gunakan peralatan masak dari material stainless seperti microwave, kulkas, hingga tempat pencucian piring. Jangan lupa untuk menambahkan lampu supaya Anda lebih nyaman saat memasak dan mencuci piring.

5. Kitchen set dengan kitchen island

Dengan Kitchen Island
Dengan Kitchen Island (Sumber: decorpad.com)

Walaupun berada di area yang cukup mungil, bukan berarti Anda tidak bisa memaksimalkan ruang yang ada. Area di bawah tangga memang bisa jadi sangat kecil untuk menerapkan kitchen set yang terlalu besar. Nah, kekurangan tempat ini bisa Anda atasi dengan meletakkan kitchen island di sampingnya yang juga dapat difungsikan sebagai meja makan. Meja ini dapat digunakan untuk menyiapkan bahan makanan dan juga untuk menikmati makanan. Sebaiknya pilihlah desain kitchen island yang memanjang untuk memaksimalkan ruang gerak di area kitchen set.

6. Kitchen set dengan perpaduan hitam dan putih

Perpaduan hitam dan putih
Perpaduan hitam dan putih (Sumber: pinterest.com)

Kitchen set di bawah tangga ini memadukan antara warna hitam dan putih atau yang kerap kita sebut juga dengan warna monokrom. Paduan kedua warna ini akan memberikan kesan bersih dan modern pada kitchen set. Dilihat dari desainnya saja, bisa dipastikan bahwa dapur ini adalah dapur bersih dan bukan digunakan untuk dapur kotor.

Desain kitchen set bawah tangga mana yang paling menarik perhatian Anda? Walaupun dibuat pada area yang sangat terbatas, kitchen set tetap dapat berfungsi secara maksimal dan aktivitas memasak pun dapat berjalan dengan nyaman. Eits, jangan lupa untuk terus menjaga kebersihannya ya agar tidak ada bau yang menyebar ke seluruh penjuru rumah.

Artikel Lainnya: 8 Desain Kabinet Bawah Tangga untuk Pemanfaatan Ruang yang Efisien

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Jangan Salah! Ini Cara Memilih Warna Lampu Rumah yang Tepat

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Kekinian yang Pas untuk Rumah Mungil

Prinsip Desain Interior dan Penerapannya Bagi Orang Awam

Kayu Jati Belanda: Material Menawan yang Tak Lekang oleh Waktu

Dekorasi Apartemen Terasa Membosankan? Ini Solusi Cerdiknya!

7 Cara Hemat Listrik AC di Rumah

Lampu Gantung Kekinian yang Minimalis dan Modern

7 Desain Mini Bar Minimalis Modern untuk Dapur Mungil

7 Warna Kitchen Set untuk Dapur Terlihat Lebih Segar

Tata Lampu yang Tepat agar Ruang Lebih Berkesan

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !