6 Desain Apartemen Studio Mungil yang Nyaman dan Fungsional

Furniterus - Salah satu tren hunian yang semakin banyak digemari oleh masyarakat perkotaan adalah apartemen studio yang berukuran kecil. Apartemen studio merupakan jenis hunian yang hanya terdiri dari satu ruangan tanpa sekat pembatas. Ukurannya yang kecil sangat pas ditempati oleh Anda yang masih tinggal sendiri atau pasangan muda. Walaupun berukuran mungil, desain apartemen studio tetap mengutamakan kenyamanan dan fungsionalitas. Maka dari itu, biasanya penghuni akan tetap dimanjakan dengan desain yang cantik dan nyaman. Namun, sedikit kesalahan dalam mendesain apartemen studio bisa membuatnya terasa sesak. Nah, berikut beberapa ide desain apartemen studio yang bisa Anda tiru.

1. Rak penyimpanan built-in

Rak built-in pada desain apartemen studio
Rak built-in (Sumber: pinterest.com)

Pernah mendengar konsep tempat penyimpanan built-in? Konsep built-in semakin terkenal dan diminati di dunia furnitur. Istilah built-in digunakan untuk menyebut furnitur yang dibuat langsung sesuai dengan bentuk ruang yang ada di hunian. Tempat penyimpanan yang dibuat dengan cara built-in tidak bisa dipindahkan karena memang telah disesuaikan dengan ruang yang tersedia. Konsep ini banyak digunakan pada hunian dengan luas terbatas yang tidak memiliki banyak ruang untuk meletakkan furnitur siap pakai dengan ukuran yang besar. Selain itu, dengan menggunakan built-in Anda bisa memanfaatkan setiap sudut ruang secara maksimal.

2. Furnitur minimalis

Furnitur minimalis pada desain apartemen studio
Furnitur minimalis (Sumber: extraspace.com)

Tak seperti rumah pada umumnya, tinggal di apartemen apalagi apartemen studio mengharuskan Anda untuk lebih cermat dalam memilih furnitur yang akan digunakan. Keberadaan furnitur yang terlalu banyak dengan desain yang terkesan berat akan membuat ruang di apartemen studio terkesan penuh dan ramai. Untuk itu, pilihlah desain furnitur minimalis dengan ukuran yang sedang. Misalnya, Anda bisa menggunakan sofa dengan kaki ramping seperti yang ada di apartemen ini. Tak hanya itu, warna yang digunakan pun sebaiknya menggunakan warna-warna natural seperti putih, krem, atau abu-abu yang akan membuat tampilan keseluruhan apartemen terlihat sederhana dan rapi.

3. Partisi kaca minimalis

Partisi kaca minimalis
Partisi kaca minimalis (Sumber: pinterest.com)

Memberikan sekat permanen yang terkesan tertutup akan membuat apartemen studio terlihat semakin sempit. Anda bisa menyiasati ruangan mungil dengan menggunakan partisi geser bergaya kaca dengan bingkai kayu atau kaca minimalis. Memberikan sekat dari kaca transparan bisa menjaga privasi Anda namun tak akan membuat ruangan terasa semakin sempit. Partisi kaca ini akan sangat pas jika digunakan sebagai pemisah antara kamar tidur dan ruang tamu atau dapur di apartemen studio. Desainnya yang minimalis pun akan menambah estetika pada apartemen Anda lho.

Artikel Lainnya: 9 Model Partisi Ruangan Hemat Biaya

4. Desain ruang setengah lantai

Desain ruang setengah lantai
Desain ruang setengah lantai (Sumber: architizer.com)

Memanfaatkan ruang kosong yang ada secara vertikal bisa menjadi solusi ruang yang efektif pada apartemen studio. Seperti desain apartemen ini yang memberikan lantai tambahan pada apartemen studio. Dihubungkan dengan menggunakan tangga minimalis, bagian atas dari apartemen studio didesain menjadi kamar tidur nyaman, sedangkan area di bawahnya dimanfaatkan sebagai ruang berkumpul dan dapur. Dengan elemen mezanin ini, apartemen studio ini pun menjadi seolah-olah memiliki dua lantai yang berbeda. Area di bawah kamar tidur pun bisa dimanfaatkan sebagai rak penyimpanan, meja kerja, atau lemari pakaian.

5. Pencahayaan maksimal

Pencahayaan maksimal
Pencahayaan maksimal (Sumber: mydomaine.com)

Dalam memilih apartemen studio, sebaiknya pastikan Anda memilih apartemen dengan bukaan yang besar pada bagian jendela. Ukuran apartemen yang sempit membuat ruang akan cenderung terkesan lebih suram jika tidak diimbangi dengan ukuran jendela yang cukup. Bukaan yang maksimal akan membuat cahaya matahari bisa masuk ke dalam apartemen dengan lebih baik. Dengan begitu, apartemen pun akan jauh dari kesan sumpek dan sempit. Di malam hari, Anda bisa menambahkan direct lamp di beberapa titik, seperti di kamar tidur, dapur, atau ruang keluarga. Cahaya yang ditimbulkan dari lampu akan membuat apartemen studio tampak luas dan homey.

6. Tanaman

Tanaman pada desain apartemen studio
Tanaman (Sumber: decoist.com)

Semakin banyak orang yang menyadari bahwa tanaman dapat memberikan banyak manfaat saat diletakkan di dalam ruangan, khususnya kamar tidur. Tanaman hias, baik itu yang berukuran besar atau kecil, bisa menjadi elemen dekorasi apartemen yang estetik dan membuat apartemen terlihat lebih hijau. Tanaman juga akan membuat apartemen yang sempit terasa lebih segar dan natural. Ada beragam jenis tanaman hias yang bisa Anda pilih seperti kaktus, sukulen, atau tanaman gantung dengan harga yang terjangkau.

Artikel Lainnya: 5 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Apartemen

Itulah tadi beberapa inspirasi desain apartemen studio mungil yang nyaman. Tertarik untuk mengaplikasikannya pada apartemen pribadi Anda?

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

9 Model Partisi Ruangan Hemat Biaya

8 Desain Kamar Minimalis yang Cantik tapi Hemat Biaya

Warna Top Table Kitchen Apa yang Harus Kamu Pilih

5 Sistem Cahaya Ruangan yang Tepat untuk Hunian Kamu

5 Hiasan Kamar Tidur Esktra Nyaman dan Terjangkau

Gorden Jendela Minimalis yang Cocok Agar Ruangan Terlihat Lebih Luas

Cara Memilih Desainer Interior yang Pas untuk Kebutuhan

Fakta Menarik Tentang Desain Modern Furniture Indonesia

Desain Kursi Tamu Menawan yang Bikin Hati Tamu Tertawan

Denah Rumah Minimalis yang Cocok untuk Kaum Urban

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !