5 Tren Cat Rumah Minimalis untuk Semua Ukuran Ruang

Setiap tahunnya tentu selalu ada pembaharuan tren warna cat rumah untuk satu tahun ke depan. Tren warna ini biasanya yang akan dijadikan acuan untuk kamu yang masih galau dalam menentukan warna cat apa yang pas untuk mempercantik rumah atau apartemen. Warna cat yang dipilih pastinya harus menyesuaikan dengan konsep desain hunian yang kamu tempati. Konsep cat rumah minimalis contohnya, yang kerap diasosiasikan dengan warna-warna netral seperti putih, hitam, atau abu-abu. Padahal, warna cat rumah minimalis nggak melulu hanya warna monoton saja, lho.

Selain itu, kamu perlu memerhatikan warna yang cocok diaplikasikan untuk semua ruang yang ada di dalam hunian. Tentu kamu mau semua ruangan yang ada memiliki warna yang serasi dan berkesinambungan kan? So, apa saja ya perpaduan tren warna cat rumah minimalis yang cocok untuk semua ukuran ruang? Yuk, kita lihat!

Artikel Lainnya: 7 Tips Memilih Cat Tembok untuk Apartemenmu

1. Ruang yang segar dari warna Spruce Blue-Green

 

Sumber: thesweetspot.dk

Dalam beberapa tahun belakangan, warna pastel memang tidak pernah absen dari tren warna di dunia desain dan arsitektur. Warna-warna pastel selalu hadir di berbagai konsep hunian, termasuk juga konsep minimalis. Nah, warna pastel hijau kebiruan dikatakan sebagai pilihan warna cat rumah minimalis paling tepat untuk semua ukuran ruang di tahun 2018 ini.

Adanya rona abu-abu dalam komposisi warna spruce blue-green membuat warna ini mampu memberikan kesegaran dan juga ketenangan pada ruangan. Warna ini akan sangat pas bila diaplikasikan sebagai warna cat rumah minimalis pada ruangan istirahat karena dapat menimbulkan efek relaksasi. Nuansa relaksasi yang hadir juga dapat memulihkan energimu dengan lebih baik, lho.

Hasil akhir dari warna ini sebenarnya sangat bergantung pada pencahayaan ruang. Pada ruangan dengan pencahayaan yang cukup warna ini akan terlihat jauh lebih muda. Warna ini juga tidak akan terlalu pucat saat digunakan sebagai warna cat luar ruangan. Warna spruce blue-green dapat dipakai untuk cat rumah minimalis semua ruang, baik itu interior maupun eksterior.

2. Ruangan cerah dengan kuning muda

 

Sumber: properti.kompas.com

Untuk kamu yang ingin menghadirkan suasana keceriaan ke dalam ruangan, maka warna cat kuning muda dapat kamu pilih sebagai warna cat rumah minimalis. Kesan playful yang dihadirkan dari warna kuning muda ini sangat cocok untuk diterapkan pada semua ukuran ruang, terutama pada ruangan yang memiliki fungsi rekreasi, seperti ruang baca, ruang bermain anak, atau ruang santai keluarga. Eits, tetapi hal ini tidak membatasinya untuk kamu aplikasikan di ruangan lain seperti dapur atau bahkan kamar mandi, lho

Memilih warna kuning muda sebagai warna cat rumah minimalis juga dapat diterapkan di ruangan-ruangan yang menjadi area kreatif penghuni. Warna ini ternyata dipercaya dapat membantu kamu menemukan inspirasi baru sehingga dapat lebih produktif dalam bekerja. Cocok banget kan mengaplikasikan warna kuning muda di berbagai ukuran ruang?

3. Hitam dan putih yang nggak pernah salah

 

Sumber: elledecor.com

Hampir sama seperti tahun-tahun sebelumnya, perpaduan antara warna hitam dan putih selalu menjadi rekomendasi sebagai pilihan warna cat rumah minimalis. Kamu nggak akan pernah salah untuk menerapkan kedua warna ini pada ruangan dengan fungsi apapun. Warna cat rumah minimalis hitam dan putih cocok untuk kamu yang ingin memberikan sentuhan yang lebih inovatif tanpa memenuhi ruangan dengan hiasan.

Kombinasi antara warna hitam dan putih juga dapat menjadi alternatif cerdas untuk dekorasi hiasan dinding pada ruangan yang minim. Warna kontras dari hitam putih itu sendiri dapat memberikan kesan yang menonjol, tetapi tetap dengan konsep minimalis yang sederhana dan modern. Jangan lupa untuk mengkombinasikan warna cat hitam dan putih dengan furniture berwarna senada agar ruangan tidak terlihat bertabrakan.

4. Biru dongker yang cocok dengan warna apapun

 

Sumber: papernstitchblog.com

Ini dia warna yang menjadi perwakilan untuk tren warna cat minimalis 2018, yaitu biru dongker atau navy blue. Warna biru dongker merupakan salah satu warna gelap yang selalu cocok dikombinasikan dengan warna apapun. Tidak heran jika banyak perusahaan cat kelas dunia yang merekomendasikan warna biru dongker dan turunannya ke dalam palet warna cat rumah minimalis mereka.

Fleksibilitas dari warna biru dongker membuatnya dapat diterapkan sebagai warna dasar untuk ruangan dengan ukuran apapun ataupun sebagai warna pelengkap yang muncul dari elemen-elemen hias di dalam ruangan. Rona dari warna biru dongker ini akan terlihat ekspresif saat diterapkan sebagai warna cat rumah minimalis.

5. Hidupkan suasana ruang dengan warna caliente

 

Sumber: thecolorcrush.com

Variasi warna lain yang dapat kamu gunakan untuk berbagai ukuran ruang di rumah minimalis adalah warna caliente, serta beberapa turunan warnanya yang lebih merah keungunan, seperti berry atau burgundy. Warna caliente atau spicy red ini dapat menghadirkan kesan megah jika diterapkan di rumah yang berkonsep minimalis. Warna ini juga memiliki energi yang kuat. Tanpa menggunakan banyak sentuhan dekorasi, kamu sudah bisa menciptakan ruangan yang lebih hidup dengan menggunakan warna ini.

Warna caliente sangat cocok digunakan sebagai warna cat rumah minimalis di dalam ruang keluarga, karena warna unsur merahnya yang sedikit redup dapat membangun suasana menjadi lebih intim. Kamu juga bisa mengkombinasikan warna ini dengan warna cat yang lebih kelabu seperti abu-abu atau putih gading agar ruangan terlihat lebih elegan.

Nah, itulah tadi lima tren warna cat rumah minimalis yang dapat kamu aplikasikan pada berbagai ukuran ruang. Jangan abaikan juga penggunaan kombinasi warna ya, siapa tahu kombinasi dari warna-warna di atas pada rumah minimalismu dapat menghasilkan warna cat yang lebih sempurna. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya: Cara Memilih Cat Kamar Tidur yang Tepat

Pastinya kamu ga mau ketinggalan kan dengan tren-tren lainnya di dunia home & living, yuk diikutin keseruan tren-tren lainnya di artikel-artikel kami yang selalu kami update setiap harinya. Semua hanya bisa didapat di Furniterus Artikel!