5 Tanda Kalau Kamu dan Pasanganmu Sudah Siap Beli Apartemen

Sumber: trulia.com

Bagi kamu pasangan muda yang baru menikah, tentu memiliki tempat tinggal sendiri menjadi sebuah impian yang ingin segera kamu realisasikan. Namun, semakin terbatasanya lahan di Ibu Kota atau di kota-kota besar lainnya dan semakin mahalnya harga rumah, membuat keinginan memiliki hunian pribadi kian sulit untuk diwujudkan. Jika sudah begitu, maka mencari alternatif tempat tinggal lain perlu kamu lakukan. Nah, apartemen dapat menjadi salah satu pilihan yang menguntungkan lho. Harganya yang lebih murah, fasilitasnya yang lengkap, penjagaan keamanan yang ketat, dan peluang investasinya, merupakan beberapa keuntungan dari memiliki apartemen.

Eits, sebelum memutuskan untuk membeli aparteman, apakah kamu dan pasangan sudah memiliki tanda-tanda berikut? Jika belum, maka kamu sepertinya harus berpikir ulang lagi nih sebelum membeli. Yuk, kita lihat ciri-ciri yang menandakan kamu dan pasangan sudah siap membeli apartemen untuk masa depan.

1. Dana untuk DP dan kebutuhan lain sudah cukup

Sumber: redbaronpoolsupplies.com.au

Meskipun sangat mungkin kamu membeli sebuah unit apartemen dengan uang muka atau DP yang kecil, tetapi jauh lebih baik bukan jika kamu sudah memiliki uang muka pembelian sebesar 20 persen. Alasannya adalah dengan semakin kecilnya DP, maka akan semakin besar pula cicilan kredit yang harus kamu bayarkan setiap bulannya. Alhasil harga unit apartemen yang kamu beli justru menjadi semakin mahal. Selain DP, kamu juga wajib menyiapkan biaya administrasi dan pindahan.

2. Tidak ada utang lain yang harus dilunasi

Sumber: potterybarn.com

Jika kamu belum mempunyai uang yang cukup untuk membeli apartemen dengan tunai, maka kamu membutuhkan cicilan atau KPA (Kredit Pemilikan Apartemen). Nah, untuk menentukan apakah kamu siap atau tidak dengan KPA, bank biasanya akan menganalisis dua informasi penting yakni penghasilanmu dan cicilan utang lainnya. Jika kamu tidak memiliki cicilan utang lainnya, akan lebih mudah untuk bank mengabulkan permohonan KPA-mu. Namun, jika kamu memiliki cicilan utang lain, pastikan cicilannya tidak akan memberatkan rencana KPA. Jangan sampai kebutuhanmu dan pasangan malah terabaikan karena tanggung jawab cicilan lain.

3. Ingin menetap untuk waktu yang cukup lama

Sumber: beautifyhome.net

Jika kamu berniat membeli apartemen, pastikan kamu akan menetap untuk waktu yang cukup lama. Sebab, jika kamu memutuskan untuk pindah, belum tentu kamu akan mendapatkan penggantinya dengan cepat. Walaupun banyak sekali apartemen yang bermunculan, kebutuhan yang tinggi dari masyarakat membuat unit-unit yang dijual bisa sold out dalam waktu yang singkat lho.

4. Punya catatan kredit yang baik

Sumber: aparedes.com

Jika sudah berkaitan dengan pinjaman bank, maka catatan kredit merupakan faktor penting yang menentukan diterima atau tidaknya permohonan kreditmu. Rekam jejak kredit yang baik biasanya ditandai dengan ketepatan pelunasan utang serta kemampuanmu dalam menabung secara konsisten.

5. Siap dengan pengeluaran lainnya

Sumber: expatcentertwente.com

Biaya lain yang kamu butuhkan saat akan membeli apartemen tidak hanya DP lho. Setelah membeli apartemen, akan banyak pengeluaran lain yang akan menjadi konsekuensi. Beda halnya jika kamu hanya menyewa apartemen. Contohnya, kamu tentu harus mengeluarkan biaya perawatan atau membeli furniture.

Semakin cepat kamu memiliki hunian pribadi, akan semakin baik pula kestabilan kondisi finansialmu dan pasangan. Memiliki apartemen dapat menjadi indikasi bahwa kamu telah mencapai taraf kesejahteraan hidup yang baik di zaman sekarang. Nah, jika kamu sudah mempunyai lima tanda tadi, artinya kamu dan pasangan sudah mantap untuk memiliki apartemen.

Artikel Lainnya: Mau Sewa Apartemen Pertama? Yuk, Perhatikan 10 Hal Penting ini!

Ayo gimana, kamu udah siap belum buat beli apartemen? Yuk coba mulai diskusi dan mulai kita nyicil tips-tips yang udah di share diatas biar kita bisa beli apartemen impian kita. Pasti nya masih banyak artikel-artikel seru lainnya di Furniterus yang terus menerus akan kami update dengan konten-konten spesial untuk kamu setiap harinya. Yuk tetap stay tuned ya!