5 Model Rak Piring Gantung Untuk Dapur Lebih Rapih dan Bersih

Walaupun sering dianggap sebagai area yang kotor atau area ‘belakang’ fungsi dapur dalam rumah sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi dapur juga menjadi tempat dilakukannya banyak aktivitas memasak, yang menjadikannya tempat penyimpanan barang-barang kebutuhan memasak dan lainnya. Sehingga untuk menghindari kesan berantakan di dalam dapur tentu kamu membutuhkan tempat penyimpanan seperti rak piring gantung yang tepat dan sesuai dengan desain rumah.

Namun, bagi kamu yang mempunyai dapur berukuran mungil, menggunakan lemari penyimpanan tentu membuat dapur menjadi lebih sempit. Nah untuk itu, solusi yang cukup kreatif untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan rak piring gantung. Selain dapat menghemat tempat, rak piring gantung juga dapat memudahkan kamu untuk mengambil dan menggunakan alat-alat di dapur.

Rak piring gantung juga memiliki beberapa keunggulan, seperti membuat peralatan makan yang diletakkan menjadi cepat kering karena tidak memiliki penutup, menghemat ruang dapur, mudah dibersihkan, dan masih banyak manfaat lainnya.

Sayangnya, jenis desain rak piring gantung tidak memiliki kapasitas penyimpanan barang yang besar sehingga hanya beberapa barang saja yang dapat diletakkan di dalam rak. Nah, saat ini banyak sekali jenis desain rak piring gantung yang beredar di pasaran. Apa saja? Yuk, kita lihat.

1. Rak piring gantung aluminium

Sumber: gambarfurniturekeren.com

Bentuk rak piring gantung dari aluminium memang sudah cukup dikenal dalam beberapa tahun belakang. Wajar saja, rak piring gantung ini sudah banyak dipasarkan sejak beberapa tahun lalu. Banyaknya peminat dan konsumen yang ingin membeli rak piring model ini juga menjadikannya semakin banyak diproduksi. Bentuknya yang beragam dan stylish serta harganya yang cukup terjangkau menjadi pilihan bagi banyak orang untuk menggunakannya.

2. Rak piring gantung kaca

 

Sumber:  tokopedia.com

Model rak piring terbaru selanjutnya adalah jenis rak piring berbahan kaca. Bentuknya yang tertutup menjadi alasan banyak orang memilih model rak piring gantung kaca. Selain itu, rak piring gantung dari kaca juga memudahkan pemiliknya untuk membersihkannya serta merawatnya untuk tetap bersih. Rak piring jenis ini juga tersedia dalam beberapa pintu dengan banyak mode penyimpanan piring yang modern. Menggunakan rak piring gantung kaca dapat membuat dapur kamu terlihat semakin mewah dan luas.

Artikel Lainnya: 7 Ide Rak Dapur Minimalis untuk Dapur Kecil

3. Rak piring gantung serba putih

 

Sumber: dekorrumah.net

Jika area untuk mencuci piring sudah terlalu penuh, maka usahakanlah untuk memilih dekorasi warna yang lebih cerah dan tidak banyak aksesoris, termasuk untuk pemilihan rak piring gantung. Rak piring warna putih seperti ini dapat menjadi solusi untuk dapur yang tidak terlalu besar. Apalagi jika kamu tinggal di apartemen yang tentu memiliki ruang terbatas. Gunakan warna putih untuk memberikan kesan dapur yang lebih luas.

4. Rak piring gantung stainless steel

Sumber: alibaba.com

Rak piring gantung dari stainless cocok untuk kamu yang senang dengan kesan minimalis pada ruangan. Selain mudah dirawat, rak piring model ini juga cukup tahan lama lho. Namun, tentu harganya lebih mahal dibandingkan dengan rak piring alumunium. Rak piring stainless juga biasanya lebih kuat dan kokoh untuk menyimpan berbagai macam barang di atasnya. Sehingga, kamu tidak perlu takut piring atau panci yang kamu simpan jatuh karena terlalu berat.

5. Rak piring gantung bentuk lemari

Sumber: rumahminimalismedia.com

Model yang terakhir adalah rak piring gantung dengan bentuk lemari dari material kayu. Walaupun terbilang cukup tradisional, rak piring seperti yang satu ini mempunyai daya tahan yang cukup lama bila kamu bisa menjaga dan merawatnya dengan baik. Bentuk dari rak piring gantung yang satu ini memang berbeda dan mempunyai kesan yang elegan dengan warna-warna alami dari serat kayu.

Nah, setelah kamu memutuskan akan menggunakan rak piring gantung dengan model apa, selanjutnya kamu harus memerhatikan cara memasang rak gantung agar tidak mudah jatuh.

Pertama, tentukanlah penempatan dari posisi rak gantung. Posisikan rak gantung di tempat yang aman dan memiliki risiko kecil bila terjatuh. Selain itu, dinding dapur tempat kamu meletakkan rak tersebut juga harus kuat agar rak piring gantung tidak mudah terlepas. Jadi, pastikan rak gantung sudah menempel dengan sempurna pada dinding.

Selanjutnya, periksalah ketahanan dinding dengan mengetuk-ngetuknya menggunakan benda keras. Dengarkan perbedaan dari ruang kosong yang ada di antara balok ataupun ruang yang terisi penuh. Jangan lupa untuk juga memeriksa label perangkat keras yang ada sehingga berat total benda yang digantung dapat dipastikan tidak melebihi dari berat yang sudah dianjurkan.

Terakhir, gunakan pengait yang kuat untuk memastikan rak piring gantung tersebut tidak akan jatuh ataupun terlepas. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan kait tertutup karena lebih efisien dalam menghindari risiko rak terlepas dan terjatuh.

Sumber: mymodernhouse.info

Bagaimana? Apakah kamu sudah tahu akan membeli rak gantung model apa? Intinya hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenai bahan dari rak piring. Tentunya, setiap bahan dan model yang telah disebutkan tadi mempunyai harga serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu mencari rak piring gantung yang kuat dan tahan lama, maka sangat direkomendasikan untuk memilih jenis rak yang terbuat dari besi.

Artikel Lainnya: 10 Inspirasi Model Rak Piring Cantik untuk Kitchen Set Minimalis

Jangan lupa juga untuk mengukur ukuran dapur dan dinding yang akan menggunakan rak piring gantung terlebih dahulu sebelum membeli. Pastikan pula rak gantung yang kamu pilih mampu menampung barang yang ada di dapur. Jangan sampai kamu sudah mengeluarkan uang yang banyak tetapi fungsi rak piring gantung pilihanmu tidak sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan pula warna rak gantung, agar tetap sesuai dengan desain dapur.

Mau tahu bagaimana model-model lainnya serta tips-tips terkini seputar topik home & living, yuk ikutin terus serunya artikel-artikel Furniterus yang terus menerus update buat kamu tiap harinya. 🙂