5 Ide Lemari Dapur Minimalis yang Praktis nan Unik

Bagi banyak keluarga, dapur biasanya menjadi titik atau pusat dari sebuah hunian. Apalagi untuk kamu yang suka memasak, dapur pasti otomatis menjadi tempat berkumpul bersama keluarga atau orang terkasih untuk mencoba resep-resep baru. Jadi, tidak ada salahnya ‘kan jika kamu menghabiskan lebih banyak waktu dalam merancang dapur, termasuk dalam pemilihan lemari dapur minimalis yang akan dipasang. Lemari dapur memiliki fungsi yang sangat esensial untuk menyimpan bahan makanan serta perlengkapan memasak.

Nah, bagi kamu yang mempunyai ruang dapur tidak terlalu besar dan cenderung terbatas, tentunya kamu membutuhkan ide cerdas agar lebih praktis dalam menyimpan dan mengambil barang. Nggak usah bingung lagi, langsung aja lihat inspirasi lemari dapur minimalis yang praktis nan unik berikut ini.

1. Lemari dapur minimalis dengan bukaan ke atas

Sumber: plastict.info

Ukuran dapur yang terbatas memang membuat kamu gampang-gampang susah dalam menentukan lemari dapur seperti apa yang pas untuk digunakan. Salah satu ide yang bisa kamu terapkan adalah dengan menggunakan desain lemari dapur praktis dengan bukaan pintu ke atas. Dengan begitu, kamu bisa membuka lemari tanpa khawatir harus mengenai objek lain di bagian bawah. Saat dibuka pun, pintu lemari dapur ini tidak akan mengganggu jalan orang.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah kebersihan bagian engsel pintu lemari agar tidak mudah berkarat dan tetap bisa bekerja dengan baik. Sebab jika tidak, pintu jenis ini bisa mudah terjatuh kembali saat dibuka. Selain itu, pastikan pula ada jarak antara kabinet lemari dapur dengan langit-langit dapur.

2. Lemari dapur minimalis dua fungsi

Sumber: pinterest.com

Untuk mengakali ruang yang terbatas, kamu bisa membuat lemari dapur minimalis yang multifungsi yaitu sebagai pembatas ruangan. Dibuat dengan konsep built-in, desain lemari dapur minimalis yang praktis ini berbentuk menjulang dari ujung lantai hingga ke ujung langit-langit dapur. Lemari dapur ini juga dilengkapi dengan sebuah pintu menuju bagian rumah lainnya. Selain multifungsi, lemari dapur ini juga bisa menjadi dekorasi tersendiri lho. Ide ini sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin ruang dapur terlihat oleh tamu.

3. Lemari dapur minimalis dengan pintu geser

Sumber: decoist.com

Apakah kamu mempunyai dapur dengan langit-langit yang rendah? Solusinya, kamu bisa menggunakan lemari dapur dengan model pintu geser. Lemari dapur minimalis semacam ini biasanya menggunakan material jenis kaca atau plastik bening sehingga bisa menghasilkan tampilan yang lebih bersih. Selain itu, kelebihan lainnya kamu juga bisa menemukan peralatan memasak dengan lebih mudah lho, dan tidak perlu membuka pintu lemari satu per satu. Jika kamu memutuskan untuk memilih lemari dapur minimalis dengan pintu geser seperti ini, ingatlah untuk selalu rajin membersihkan rel pintu dengan kain atau tekstil dapur, serta berikan juga pelumas bila perlu agar pintu tetap bisa digeser dengan mudah.

Artikel Lainnya: 5 Model Rak Piring Gantung Untuk Dapur Lebih Rapih dan Bersih

4. Berikan aksen futuristik yang unik pada lemari dapur minimalis

Sumber: domino.com

Bosan dengan tampilan lemari dapur minimalis yang itu-itu saja? Inilah saatnya kamu beralih ke pilihan warna lemari dapur yang lebih gelap. Tampilan lemari dapur minimalis yang futuristik bisa memberikan kesan yang lebih elegan dan penuh karakter. Salah satu warna yang bisa kamu aplikasikan adalah warna tembaga atau silver. Kedua warna tersebut jauh dari kesan kelam dan bisa menjadi kontras bagi warna kayu atau warna putih yang biasanya ada pada lemari dapur minimalis. Dari segi desain, lemari dapur seperti ini juga tidak berlebihan alias tetap minimalis, namun tetap berhasil memberikan hasil yang lebih modern dan futuristik.

5. Lemari dapur minimalis dengan sentuhan retro

Sumber: mykukun.com

Mau menggunakan warna selain putih atau kayu di lemari dapur minimalis? Tentu bisa! Kamu bisa membuat desain lemari dapur dengan sentuhan retro alias jadul yang unik. Salah satu tips untuk menciptakan dapur minimalis dengan sentuhan retro adalah menggunakan warna-warna yang muted atau kalem. Kamu bisa memilih warna hijau army, maroon gelap, atau kuning telur asin. Pastinya, desain lemari dapur yang satu ini akan membuat kamu semakin betah berada di dapur, sekaligus menjadi dekorasi yang unik karena bentuk dan gayanya yang lucu.

Artikel Lainnya: 7 Ide Rak Dapur Minimalis untuk Dapur Kecil