Jangan Sampai Salah Memilih Springbed untuk Anak, Perhatikan 5 Hal Ini

Furniterus - Apa sih yang paling penting bagi orang tua? Tentunya adalah kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan anak bukan? Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk kenyamanan anak di rumah selain mainannya adalah kasur atau springbed untuk anak. Hal ini penting karena hampir 1/3 dari keseharian anak akan dihabiskan untuk beristirahat dan otomatis kasur anak harus menjadi fokus utama saat menata kamar tidurnya. Orang tua harus memilih kasur anak yang berkualitas karena akan menjadi salah satu investasi terbesar baik dari segi finansial ataupun kesehatan anak. So, jangan sampai kamu salah dalam memilih springbed anak. Yuk, cek dulu 5 hal ini sebelum membeli.

1. Ukuran springbed

Sumber: cuckooland.com

Sebelum kamu membeli springbed anak, ada baiknya untuk kamu menyesuaikan terlebih dahulu dengan beberapa kondisi, seperti ukuran ruangan, ukuran tubuh anak, dan sebagainya. Kasur yang kamu pilih untuk anak boleh mengikuti ukuran matras standar di pasaran, ataupun springbed custom yang ukurannya bisa dipesan sesuai dengan kebutuhan.

Hanya saja ada beberapa pertimbangan yang harus diingat orang tua saat memutuskan untuk membeli kasur yang berbeda dengan ukuran matras pada umumnya. Kamu harus memesan ukuran seprai khusus dan penggunaan yang terbatas, misalnya hanya mencapai ukuran tinggi dan lebar tertentu.

2. Tingkat kekerasan springbed

Sumber: flylords.net

Kenyamanan tentu saja harus menjadi prioritas utama saat kamu merancang desain kamar anak. Nah, dari masa transisi keranjang bayi ke kasur anak kerap terjadi masalah. Tingkat kekerasan springbed bisa menjadi sebuah problema karena anak sudah terbiasa menggunakan kasur yang lebih empuk. Untuk itu, kamu harus memperhatikan perkembangan ruas tulang belakang di usia kanak-kanak.

Faktanya, kasur anak akan menjadi tempat untuk mereka menghabiskan waktu antara 8-10 jam setiap malamnya. So, pilihlah springbed dengan konsistensi kekerasan busa yang pas, tidak terlalu lunak ataupun padat sehingga membuat anak tidak mau tidur di kasur yang telah disediakan.

3. Jenis springbed

Sumber: maxtrixkids.com

Masih bingung menentukan jenis kasur atau springbed yang tepat untuk anak? Banyak yang berpikir bahwa kasur untuk anak pasti akan berbeda dengan orang dewasa. Padahal sudah banyak lho toko matras spesialis yang akan menawarkan berbagai jenis springbed untuk anak.

Beberapa jenis kasur yang sudah umum digunakan antara lain Pocket Sprung yaitu springbed dengan per terpisah, European Standart yaitu standar matras pada umumnya, Open Coil atau sistem keseimbangan dengan per terbuka, hingga kasur Memory Foam dengan fitur busa spesial dan lunak. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget.

4. Durabilitas springbed

Sumber: dezeen.com

Tentunya kamu ingin membeli springbed yang awet dan dapat digunakan oleh anak hingga bertahun-tahun lamanya ‘kan? Kasur memang bukan pembelian yang bernilai kecil, maka penting untuk kamu mengutamakan durabilitas dari kasur anak. Penyebab utama adalah karena kasur atau springbed biasanya masih sering menjadi tempat bermain, misalnya berloncat-loncatan, berguling, hingga aktivitas tak terbatas lainnya. Jadi kamu harus berpikir panjang dalam memilih springbed anak yang benar-benar berkualitas dan bisa bertahan lama.

Artikel Lainnya: Cara Memelihara Kasur Agar Terbebas dari Tungau

5. Harga springbed anak

Sumber: loaf.com

Saat kita berbicara soal harga kasur springbed anak, memang tentu saja harus disesuaikan dengan budget setiap orang tua. Namun kamu harus ingat bahwa anak-anak selalu tumbuh dengan cepat. Maka, kasur anak harus bisa mengakomodasi pertumbuhan anak yang sangat pesat setiap saatnya. Tentu kamu nggak mau ‘kan memilih kasur anak dengan budget lebih rendah tapi harus digantikan seiring dengan pertumbuhannya? Berinvestasilah pada matras berkualitas untuk sekali pemakaian jangka panjang. Percaya deh pasti kamu akan lebih hemat.

Sumber: loveproperty.com

Selain lima hal di atas, ada beberapa hal penting lain yang harus kamu perhatikan nih. Beberapa kasur anak juga sudah dilengkapi dengan fitur istimewa seperti anti alergi atau kasur anak yang tahan air. Pelindung matras ini bisa dibeli secara terpisah untuk membuat aktivitas si kecil di atas kasur springbed menjadi semakin nyaman dan aman.

Nah, itulah tadi hal-hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kasur anak. Yuk, diingat dan dicatat untuk memberikan yang terbaik pada anak setiap saat.

Artikel Lainnya: 7 Tips Cerdas Desain Kamar Tidur Anak Jangka Panjang

Project Pilihan Furniterus

Lihat Semua
LIHAT SEMUA

Artikel Lainnya

Lihat Semua

Ingin Sewa Apartemen? Simak Dulu Tipsnya!

7 Motif Keramik Kamar Mandi yang Cocok untuk Milenial

Bawa Keberuntungan Menurut Feng Shui, 6 Warna Dinding Rumah Ini Bisa Kamu Pilih

Desain Rumah Bergaya Skandinavia, Solusi untuk Apartemen Kecil

4 Momen Paling Tepat Membeli Furniture Apartemen

6 Model Keramik Dapur yang Disukai Generasi Muda

5 Kesalahan Dekorasi Rumah Minimalis yang Kerap Dilakukan Pemiliknya

7 Ide Dapur Cantik Sederhana untuk Rumah Mungil

7 Cara Mudah Merapikan Lemari Pakaian agar Enak Dilihat

Rumah Sederhana atau Apartemen? Temukan Plus-Minusnya di Sini!

LIHAT SEMUA

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !