12 Perlengkapan Dapur Wajib Untuk Apartemenmu

Untuk membuat dapur lebih menyenangkan dan menjadikannya tempat yang nyaman untuk melakukan kegiatan memasak, kamu harus mempersiapkan perlengkapan dapur yang tepat untuk menunjang kebutuhanmu sehari-hari. Sama seperti halnya kamar atau ruang keluarga, dapur juga membutuhkan alat-alat terbaik untuk membantu kegiatan memasak menjadi lebih mudah. Ini bukan berarti kamu harus memiliki banyak perlengkapan dapur, tetapi kamu harus lebih mementingkan peralatan yang tepat guna dan akan sering digunakan sehari-hari. Apalagi jika kamu tinggal di sebuah apartemen dengan ruang dapur yang biasanya lebih kecil dibandingkan rumah tapak. Maka, kamu harus pintar-pintar dalam memilih perlengkapan dapur apa saja yang harus ada di dalam dapur mungilmu.

Nah, untuk memastikan peralatan dapur di apartemen sudah benar-benar lengkap, apa saja ya perabot dapur yang harus kamu miliki? Yuk, kita lihat.

1. Pisau

Sumber: ks-bestindo.com

Perlengkapan dapur pertama yang harus dimiliki adalah pisau. Pisau pasti akan kamu gunakan dalam sebagian besar kegiatan memasak, seperti memotong, mengupas, atau mencincang bahan makanan. Terdapat berbagai macam jenis pisau, pastikanlah kamu membeli jenis pisau sesuai dengan kebutuhanmu, seperti pisau dapur biasa, pisau daging, pisau bergerigi, atau jenis pisau lainnya. Memiliki beberapa macam pisau yang sesuai dengan fungsinya akan memudahkan pekerjaan memasak kamu di dalam apartemen.

2. Talenan (cutting board)

Sumber: aliexpress.com

Jenis talenan yang dapat kamu pilih untuk dapur di apartemenmu bisa yang terbuat dari kayu alami ataupun talenan yang berbahan plastik. Jika kamu memilih talenan berbahan plastik, pastikan membeli produk yang aman digunakan seperti plastik polyethylene ataupun bahan yang dilengkapi dengan teknologi antimicrobial microban. Talenan yang aman digunakan akan memberikan perlindungan terhadap kebersihan makanan.

3. Sendok dan gelas ukur

 

Sumber: id.aliexpress.com

Satu set lengkap sendok dan gelas ukur memiliki peran yang sangat penting saat mencoba resep masakan, terutama resep masakan baru. Meskipun kamu sudah terbiasa dengan mengira-ngira takaran saat memasak, namun jumlah bahan-bahan yang harus dicampurkan tetaplah harus tepat sesuai ukuran atau takaran untuk mendapatkan hasil masakan terbaik. Gelas dan sendok ukur akan membantu kamu untuk menakar seberapa banyak bahan makanan yang harus dicampurkan agar sajianmu semakin istimewa.

4. Penggorengan dan panci

https://furniterus.com/wp-content/uploads/2018/05/Artikel19_Panci-400×214.jpeg

Sumber: alatdapur.org

Penggorengan dan panci untuk memasak merupakan perlengkapan dapur yang wajib banget untuk kamu miliki. Tanpa perlengkapan masak yang satu ini, kamu akan kesulitan untuk membuat masakan yang kamu inginkan. Ada banyak sekali jenis panci yang ada di pasaran sesuai dengan jenis masakan yang akan dimasak, mulai dari bahan stainless, titanium, non-stick, cast iron, dan lainnya. Kamu bisa memilih jenis apa yang penting untuk apartemenmu sesuai selera.

5. Spatula

Sumber: hsn.com

Spatula atau yang lebih kita kenal dengan sutil akan sangat membantu dalam proses memasak. Saat ini sudah banyak dijual di pasaran produk 1 set spatula. Biasanya, 1 set spatula ini terdiri dari 6 peralatan yang memiliki fungsi berbeda seperti menggoreng, menumis, untuk membuat sup, hingga untuk mengaduk telur. Tentu beragam fungsi dan jenis spatula ini akan memudahkan kamu saat membuat sebuah hidangan.

6. Mixing bowls

Sumber: williams-sonoma.com

Mixing bowls atau mangkuk untuk mencampur bahan makanan, biasanya dapat kamu gunakan untuk mencampur berbagai bahan bersama-sama seperti dalam proses pembuatan kue. Satu set mixing bowls dengan beberapa ukuran berbeda dapat membantu kamu dalam mempersiapkan beberapa jenis makanan dengan mudah dan praktis. Jika kamu mempunyai banyak sisa makanan, tempat ini juga bisa kamu gunakan sebagai tempat penyimpanan.

7. Gunting dapur

Sumber: okezone.com

Walaupun sering dilupakan, gunting dapur merupakan alat penting untuk membantu pekerjaan memasak kamu, seperti memotong bungkus plastik, memotong daun bawang, dan lainnya. Pilihlah gunting berkualitas yang terbuat dari bahan stainless steel sehingga tidak mudah rusak dan lebih awet untuk digunakan.

8. Peeler dan crusher

Sumber: alibaba.com

Jarang disadari, tetapi peeler dan crusher sangat membantu sekali lho dalam proses memasak, tertutama saat mempersiapkan masakan. Peeler berfungsi untuk membantu kamu mengupas bahan masakan seperti kentang atau wortel menjadi lebih cepat. Sedangkan crusher akan membantu kamu untuk menggerus bahan seperti bawang putih.

9. Tempat penyimpanan makanan (food storage)

Sumber: amazon.com

Mungkin perlengkapan dapur yang satu ini sudah kamu miliki di apartemenmu. Namun, apakah kamu yakin tempat penyimpanan makanan kamu benar-benar sudah memiliki kualitas yang baik? Nah untuk membuktikannya, kamu bisa coba untuk menaruh air di dalam wadah tempat makanan. Jika bocor, maka pastikan untuk mengganti seluruh tempat makanan kamu. Belilah tempat penyimpanan makanan yang kedap udara dan anti bocor agar makananmu tetap aman disimpan di dalamnya.

10. Tempat mencuci dan meniriskan sayuran

Sumber: tokobargus.com

Sebelum mengolah sayuran atau memakan buah-buahan, tentu kamu harus mencucinya terlebih dahulu bukan? Hal ini wajib banget kamu lakukan untuk menjaga agar sayuran tetap higienis saat diolah menjadi santapan yang lezat. Nah, untuk itu kamu wajib memiliki tempat meniriskan sayuran atau buah dari air.

11. Tempat sendok garpu

Sumber: barangunik.co

Tempat sendok garpu tentu merupakan hal yang lumrah untuk dimiliki semua orang. Tetapi apakah tempat sendok garpu yang kamu miliki sudah dilengkapi dengan tutup untuk melindungi perlengkapan makan kamu di apartemen? Meski terlihat sepele, sendok garpu yang kotor akan menyebabkan berbagai gangguan pencernaan lho.

12. Tudung saji

Sumber: okezone.com

Saat menghidangkan makanan, jangan lupa untuk menutupinya dengan tudung saji. Hal ini penting agar makanan yang kamu masak terhindar dari debu, kotoran, atau serangga yang mengancam kebersihan makanan.

Artikel Lainnya: Yuk, Masak lebih Praktis dengan 8 Perabot Dapur Serbaguna ini!

Nah, itulah tadi perlengkapan dapur yang wajib kamu miliki di apatemenmu. Apakah kamu sudah memiliki semuanya? Kalau belum, yuk dicicil pelan-pelan biar pengalaman masakmu semakin seru setiap harinya 🙂 Nah, di Furniterus kamu bisa terus dapat menerus baca artikel seperti ini loh. Tetap stay tuned ya!

Artikel Lainnya

7 Desain Lantai Rumah untuk Kamu yang Stylish

8 Desain Rumah Minimalis ini Masih jadi Tren di 2018, lho!

8 Gambar Wallpaper Kekinian yang Cocok untuk Ruangan Sempit

Mau Membuat Dapur Jauh dari Kesan Monoton? Tiru Ide Rak Gantung Dapur Ini

Dekorasi Apartemen dan Rumah, Apa Sih Bedanya?

Ruangan Lebih Luas? Intip 7 Inspirasi Partisi Ruang Tamu yang Bisa Bikin Rumah Makin Nyaman

7 Tips Cerdas Desain Kamar Tidur Anak Jangka Panjang

7 Model Meja Tamu untuk Ruang Tamu Modern Minimalis

Model Kitchen Set Minimalis untuk Tampilan Dapur yang Baru

Tips Memilih Warna Gorden Apartemen Paling Tepat beserta Model dan Jenisnya

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !

Wujudkan Rumah Impianmu

Konsultasi Gratis !